Potensi, Profil Wisatawan, dan Branding Objek Wisata Bukit Senyum Desa Cipada

Authors

  • Resa Dwi Julia Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Akhmad Setiobudi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Brand, Branding, Objek Wisata

Abstract

Globalisasi membuat pariwisata di Indonesia berkembang pesat namun promosi yang belum
efektif membuat beberapa tempat wisata belum dikenal maksimal oleh wisatawan. Diperlukan
branding pariwisata, seperti yang dilakukan objek wisata Bukit Senyum di Desa Cipada. Jenis
penelitian untuk mengetahui potensi, profil wisatawan, dan branding objek wisata Bukit
Senyum Desa Cipada menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik analisis yang yang digunakan
adalah analisis data deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa objek wisata Bukit Senyum
memiliki berbagai jenis atraksi wisata, dan fasilitas pendukung wisata. Adapun hasil analisis
profil wisatawan yaitu didominasi oleh kelompok usia 25-34 tahun, jenis kelamin perempuan
yang bekerja sebagai ibu rumah tangga, pendidikan terakhir SMA/SMA/Sederajat, dan asal
wisatawan berasal dari Kecamatan Ngamprah dan Kota Bandung. Dengan demikian, tempat
wisata ini sudah cukup dikenal baik di tingkat lokal maupun di tingkat kota dengan branding
‘Bukit Senyum’. Terdapat masalah masih kurangnya promosi tempat wisata Bukit Senyum
melalui sosial media. Pengunjung mengetahui objek wisata ini berasal dari teman dan keluarga
yang disampaikan melalui promosi dari mulut ke mulut (WOM).

Downloads

Published

2025-03-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 8