HUBUNGAN KARAKTERISTIK WISATAWAN DENGAN ASPEK ATRAKSI, AKSESIBILITAS, AMENITAS, DAN ANCILLARY SERVICES (4A) PADA OBJEK WISATA JATINANGOR NATIONAL PARK
Keywords:
pariwisata, atraksi, amenitas, aksesibilitas, ancillary services, crosstab, non lokal, karakteristik wisatawan, inklusifAbstract
Pembangunan pariwisata meliputi pembangunan fasilitas sarana dan prasarana, namun masih banyak pengelola objek wisata yang belum menyadari pentingnya kepuasan wisatawan. Objek wisata harus memiliki atraksi, amenitas, aksesibilitas, dan pelayanan tambahan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian tentang hubungan karakteristik wisatawan dengan aspek atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan pelayanan tambahan di Objek Wisata Jatinangor National Park. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan karakteristik wisatawan dengan aspek atraksi, aksesibilitas, amenity, dan ancillary services (4A) di objek wisata Jatinangor National Park menggunakan uji cross tab. Wisatawan Jatinangor National Park puas terhadap atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan ancillary services di tempat wisata tersebut, dianggap puas namun belum optimal seluruh kelompok wisatawan asal keberangkatan, jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, pendapatan, sarana transportasi, jarak tempuh, dan waktu tempuh. terkhusus bagi wisatawan asal keberangkatan non lokal, dan wisatawan laki-laki, Perlu dilakukan rekomendasi untuk meninjau harga tiket dan harga makanan atau minuman disesuaikan dengan target pasar yang masih belum optimal dan rekomendasi yang inklusif agar dapat menjamin kepuasan 4A untuk berbagai kelompok wisatawan.