KARAKTERISTIK PARKIR ON STREET DAN PENGARUHNYA PADA KINERJA JALAN (Studi Kasus : Jalan KH Agus Salim, Jalan Raden Patah, dan Jalan Balai Pustaka Baru Kota Jakarta)
Keywords:
Parkir On Street, Kapasitas Jalan, Kinerja JalanAbstract
ABSTRAK
Kegiatan parkir di pinggir jalan (on-street) sangat berpengaruh pada kinerja jalan saat ada peningkatan volume kendaraan yang begitu tinggi akan terhambat oleh aktivitas kendaraan yang keluar masuk parkir di pinggir jalan sehingga menyebabkan berkurangnya kapasitas jalan pada ruas jalan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi kinerja ruas jalan akibat parkir pinggir jalan di ruas Jalan KH Agus Salim, ruas Jalan Balai Pustaka Baru, dan ruas Jalan Raden Patah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil analisis kinerja ruas jalan didapatkan bahwa nilai VCR tertinggi pada Jalan Raden Patah dengan nilai 0.61 diikuti dengan Jalan KH Agus Salim dengan nilai 0.48 dan Jalan Balai Pustaka Baru sebesar 0.30. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa parkir on street di Jalan KH Agus Salim dan Jalan Raden Patah berpengaruh terhadap kinerja jalan. Sementara, parkir pada Jalan Balai Pustaka Baru tidak berpengaruh dikarenakan faktor penggunaan lahan yang tidak menarik banyak pengunjung.