ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN KINERJA PELAYANAN TRANS METRO PASUNDAN BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (Studi Kasus: Trans Metro Pasundan Koridor 2)
Keywords:
Trans Metro Pasundan, SPM (Standar Pelayanan Minimal), IPA (Important Performance Analysis)Abstract
Kawasan Bandung Raya merupakan kawasan metropolitan yang memiliki tingkat mobilitas yang cukup tinggi. Salah satu daerah yang memiliki mobilitas yang tinggi adalah daerah penghubung antara Kota Bandung dengan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Meskipun sudah disediakan Trans Metro Pasundan koridor 2, sebagian besar masyarakat masih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Trans Metro Pasundan masih kurang pada beberapa aspek. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aspek-aspek yang menjadi prioritas dari pelayanan Trans Metro Pasundan yang ditinjau dari persepsi masyarakat terhadap Trans Metro Pasundan berdasarkan penerapan SPM (Standar Pelayanan Minimal). Metode analisis yang digunakan adalah metode IPA (Important Performance Analysis). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Hasil dari variabel yang dianggap penting namun kinerjanya kurang sehingga menjadi prioritas utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terdapat pada kuadran A Hal tersebut menjadi prioritas perbaikan untuk meningkatkan kepuasan kinerja dari bus Trans Metro Pasundan koridor 2. Kata kunci: Trans Metro Pasundan, SPM (Standar Pelayanan Minimal), IPA (Important Performance Analysis)