EFEKTIVITAS ZOSS PADA JARINGAN JALAN ARTERI PRIMER (STUDI KASUS : ZOSS DI JALAN PHH MUSTOPA, DEPAN SDN 151 SUKASENANG KOTA BANDUNG)

Authors

  • MUHAMAD ABI WICAKSONO Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • ACHMAD FAUZAN ISCAHYONO Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Zona Selamat Sekolah, Efektivitas, Perilaku Pengantar, Perilaku Penyebrang

Abstract

ZoSS SDN151 Sukasenang dilintasi oleh para pemakai jalan yang bervariasi. Idealnya sebagian besar pengemudi berhati-hati dan memperlambat kendaraannya mendekati area sekolah,Namun, masih banyak pengguna jalan yang kurang mematuhi aturan,seperti tidak menurunkan kecepatannya saat melintasi ZoSS dan tetap melaju kencang. Peneliti menentukan Kinerja jalan dengan menggunakan perhitungan yang berasal dari PKJI 2014 untuk menghitung kinerja jalan LOS Jalan PHH Mustopa Kota Bandung. Menentukan persentase patuh untuk menentukan presentasi penyebrang yang menggunakan ZoSS. Persentase penyebrang patuh tersebut merupakan tolak ukur efektivitas ZoSS.Menentukan persentase patuh untuk menentukan presentasi pengantar yang menaikkan/menurunkan Persentase pengantar patuh tersebut merupakan tolak ukur efektivitas ZoSS. Analisis Perilaku Penyebrang Kurang efektif Sementara untuk perilaku Penyebrang dapat dikatakan sudah efektif sementara kecepatan kendaraan yang lewat masih melebihi batas maksimum yang sudah ditentukan Karena perilaku penyeberang, dan kecepatan kendaraaan yang mengunakan dan melewati ZoSS masih ada yang melakukan pelanggaran, maka perlu dilakukan sosialisasi tentang keberadaan ZoSS, seperti sosialisasi kesekolah-sekolah, melalui media masa, media elektronik, booklet .

Downloads

Published

2025-03-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 8