KINERJA OPERASIONAL KERETA COMMUTER LINE BANDUNG RAYA RUTE CIMAHI - GEDEBAGE
Keywords:
Operational Performance, Commuter Line Train, Mminimum Service Standards, Importance Performance Analysis, Kinerja Operasional, Kereta Commuter Line, Standar Pelayanan MinimumAbstract
The Bandung Raya Commuter Line is a public transportation option that has become one of the main choices in the Bandung area due to its affordable fares. However, there are still operational issues such as delays, passenger overload, and suboptimal train cleanliness. This study aims to identify the operational performance of the Bandung Raya Commuter Line train on the Cimahi – Gedebage route and vice versa. The method used is Importance Performance Analysis (IPA)
supported by SPSS Version 26 for statistical analysis. The analysis results show an average load factor of 41.22%, so there is no need to add more fleet. The average travel time is 62 minutes. The average delay time is 4.45 minutes. The average stop time is 17 minutes or 25% below the public transportation service standards, so a schedule re-schedule is necessary. The results of the passenger satisfaction analysis using the IPA method showed the highest conformity level of 89%, which is the availability of complaint phone number stickers in case of disturbances, while the lowest was 80%, which is the train being clean and odor-free.
ABSTRAK
Kereta Commuter Line Bandung Raya merupakan transportasi publik yang menjadi salah satu pilihan utama di wilayah Bandung karena tarif yang terjangkau. Namun masih terdapat kendala dalam operasionalnya seperti keterlambatan, overload penumpang, dan kebersihan kereta yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja operasional Kereta Commuter Line Bandung Raya rute Cimahi – Gedebage dan sebaliknya. Metode yang digunakan
adalah Importance Performance Analysis (IPA) didukung aplikasi SPSS Versi 26 untuk analisis statistik. Hasil analisis menunjukan faktor muatan rata-rata 41,22% sehingga belum perlu menambahkan armada. Waktu perjalanan rata-rata 62 menit. Waktu tunda rata-rata yaitu 4,45 menit. Waktu henti rata-rata 17 menit atau sebesar 25% tidak memenuhi standar pelayanan angkutan umum sehingga perlu adanya re-schedule jadwal. Hasil analisis tingkat kepuasan penumpang dengan metode IPA diperoleh nilai tingkat kesesuaian yang terbesar 89% yaitu ketersediaan stiker nomor telepon pengaduan jika mendapatkan gangguan, sedangkan yang terendah 80% yaitu Kereta dalam kondisi yang bersih dan tidak berbau.