ANALISIS KONFIGURASI PONDASI JEMBATAN PONDASI PIPA BAJA STUDI KASUS PONDASI PIER 7 JEMBATAN SEI RAMBUT PADA TANAH LUNAK DI JAMBI

Authors

  • TITO MALENDRA Program Studi Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional
  • DIAN ASTRIANI ARWAN ILYAS Program Studi Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional

Keywords:

pondasi pier, daya dukung aksial dan lateral, Lpile, Group, efisiensi material

Abstract

Jembatan Sei Rambut merupakan infrastruktur yang dibangun pada tanah lunak perlu sebuah perencanaan yang sesuai dengan syarat, penelitian menganalisis pondasi pier jembatan dengan variasi ukuran pondasi tiang pancang diameter
1000,1200dan1300mm pipa baja dan konfigurasi sesuai dengan ketentuan SNI dan kebutuhanbahan beton pilecap dan besi pondasi, menggunakan perhitungan manual dan perangkat lunak Lpile dan Group berfokus pada titik pier7 di Jembatan Sei Rambut.Penelitian bertujuan membandingkan hasil variasi ukuran pondasi dan konfigurasi dalam hal penurunan,perpindahan lateral, moment tiang dan efesiensi bahan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pondasi pier7 variasi diameter 1000 dengan konfigurasi 4x4 (16 Tiang) ,spasi 3,5m dan Panjang tiang 30m. Variasi diameter 1200 dengan konfigurasi 3x4 (12 Tiang) ,spasi 4,2m dan Panjang tiang 33m.Variasi diameter 1300 dengan konfigurasi 2x5 (10 Tiang) spasi 5,5m dan Panjang tiang 37m.Memenuhi syarat SNI untuk konfigurasi yang efisien di bahan pada variasi diameter 1200 mm dengan kebutuhan beton pada pilecap sebanyak 324????3 dan besi sebanyak 219 ton. 

Downloads

Published

2025-08-25

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 9