KINERJA BAGIAN JALINAN PADA KAKI FLYOVER KOPO KOTA BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN PTV VISSIM

Authors

  • IRFAN IBNU MAJAH Program Studi Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional
  • SOFYAN TRIANA Program Studi Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional

Keywords:

bagian jalinan, FLYOVER, PTV VISSIM

Abstract

Flyover Kopo di Kota Bandung dirancang untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja bagian jalinan pada kaki flyover menggunakan simulasi PTV VISSIM dengan mengukur kapasitas, derajat kejenuhan, kecepatan tempuh, dan waktu tempuh kendaraan. Hasil simulasi menunjukkan kapasitas jalinan di kaki flyover Jalan Soekarno-Hatta sebesar 5.331 smp/jam (arah Timur-Barat) dan 5.820 smp/jam (arah Barat-Timur). Derajat kejenuhan masing-masing sebesar 0,401 dan 0,545
menunjukkan lalu lintas masih stabil. Kecepatan tempuh rata-rata adalah 29,799 km/jam (Timur-Barat) dan 28,153 km/jam (Barat-Timur), sementara waktu tempuh rata-rata 10,872 detik (Timur-Barat) dan 20,459 detik (Barat-Timur). Proyeksi tundaan dan panjang antrean tahun 2025, 2030, dan 2035 juga dianalisis. Pada 2025, tundaan rata-rata di Jalan Soekarno-Hatta (Timur) adalah 1,88 detik per kendaraan dengan panjang antrean 34,811 meter, sedangkan di (Barat) tundaan mencapai 2,168 detik per kendaraan dan panjang antrean 90 meter. Pada 2030, tundaan meningkat menjadi 1,995 detik per kendaraan (Timur) dan 2,30 detik (Barat), dengan panjang antrean masing-masing 36,954 meter dan 95,917 meter. Pada 2035, tundaan mencapai 2,118 detik (Timur) dan 2,44 detik (Barat), dengan panjang antrean masing-masing 39,221 meter dan 101,812 meter. Hasil penelitian mengacu pada proyeksi pertumbuhan penduduk Kota  Bandung sebesar 1,2% per tahun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Simulasi PTV VISSIM efektif dalam mengevaluasi kondisi lalu lintas dan memberikan rekomendasi seperti pengaturan sinyal lalu lintas atau rekayasa geometri untuk meningkatkan kinerja lalu lintas di masa depan. 

Downloads

Published

2025-08-25

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 9