STUDI PERENCAAN CAMPURAN BERASPAL DENGAN MENGGUNAKAN ASPAL PG 76 FR

Authors

  • BARI UMRAN FAJRI NABALAH Program Studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Nasional, Bandung
  • SAMUN HARIS Program Studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Nasional, Bandung

Keywords:

Asphalt Concrete, aspal PG 76 FR, KAO, Landas Pacu Bandara, Stabilitas Marshall

Abstract

ABSTRAK
Kerusakan yang terjadi pada landas pacu Bandara dapat ditingkatkan menggunakan ketahanan lapisan permukaan perkerasan, dengan menganalisa pengukuran capaian
stabilitas. Spesifikasi rujukan bagi jenis perkerasan Asphalt Concrete untuk landas pacu Bandara adalah dengan menggunakan aspal jenis AC 60/70 dilakukan telaahan dengan menggunakan aspal PG 76 FR. Penelitian bertujuan mengukur capaian stabilitas Asphalt Concrete untuk landas pacu bandara dengan menelaah beberapa literatur hasil penelitian yang mempertimbangkan nilai Kadar Aspal Optimum KAO. Artikel 1 yang menggunakan aspal PG 76 FR menghasilkan 5,70%, artikel 2 yang menggunakan aspal Chariphalte menghasilkan 6,30%, artikel 3a yang menggunakan aspal PG 76 FR menghasilkan 5,75%, sedangkan artikel 3b yang menggunakan aspal Starbit E-55 menghasilkan 6,25%. Telaahan terhadap penggunaan aspal PG 76 FR, dengan KAO yang lebih rendah 5,7%, dalam rongga campuran
yang lebih kecil 3,2%, dan dalam menyelimuti agregat secara kandungan yang tinggi 79,828%, memberikan konstribusi terhadap nilai stabilitas yang besar 21637,243 Kg untuk menahan deformasi permanen, berada di atas nilai stabilitas normatif pada spesifikasi rujukan yaitu minimum 997,903 Kg.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2