Analisis Penurunan Tanah Lunak di Area Pembangunan CBD Teluk Bayur Kota PangkalPinang

Authors

  • AKBAR Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional
  • HERMAN Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional
  • DESTI SANTI PRATIWI Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Perbaikan Tanah, Penurunan Tanah, PLAXIS 2D, Perencanaan Tebal Perkerasan, Soil Improvement, Soil Subsidence, inite Element Based Numerical Method Analysis, Pavement Thickness Planning

Abstract

Area kontruksi yang dilakukan pembangunan jalan pada tahun 2019 merupakan area
yang memiliki tanah lunak sehingga terjadi penurunan. Setelah dilakukan peneletian
kemudian dilakukan perbaikan tanah menggunakan metode Pre Loading tanpa PVD.
Analisis penurunan tanah lunak dilakukan menggunakan analisis metode numerik
berbasis elemen hingga. Hasil analisis menunjukkan bahwa semakin dalam tanah asli
yang dilakukan replacement, maka penurunan konsolidasi yang terjadi akan semakin
kecil. Selain itu, perbaikan tanah berupa replacement dapat mereduksi nilai
penurunan konsolidasi sebesar 83,75 %. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya
timbunan pada perbaikan tanah hasil dari penurunan jauh berbeda sebelum
dilakukan perbaikan tanah. Setelah dilakukan perbaikan tanah dilanjutkan dengan
perencanaan kontruksi jalan menggunakan perhitungan tebal perkerasan lentur
dengan metode AASHTO 1993. Dari hasil perhitungan tebal perkerasan jalan
didapatkah hasil dengan tebal perkerasan pondasi bawah sebesar 36 cm, tebal
pondasi atas sebesar 15 cm dan tebal perkerasan sebesar 19 cm.


ABSTRACT
The road construction area in this construction is a construction area that was built
in 2019. The area of construction being carried out by road construction is an area
that has soft soil so that there is a decline. After conducting the research, soil
improvement was carried out using the Pre Loading method without PVD. Soft soil
subsidence analysis was performed using Plaxis 2D analysis. The results of the
analysis show that the deeper the original soil is replaced, the smaller the
consolidation settlement will be.More over, soil improvement in the form of
replacement can reduce the consolidated impairment value by 83,75 %. It can be
equated that the embankment in soil improvement results from settlement is much
different before soil improvement is carried out. After repairing the soil with road
construction planning using the calculation of flexible pavement thickness with the
AASHTO method 1993. From the calculation of the pavement, the results show that
the pavement thickness for the bottom foundation is 36 cm, the thickness of the
upper foundation is 15 cm and the thickness of the pavement is 19 cm

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2