Perancangan Tebal Perkerasan Pada Rekonstruksi Runway Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri Palu Menggunakan HOT MIX ASPHALT PG 76 FR

Authors

  • DONNY ARDYANTO UTOMO Program Studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Nasional, Bandung
  • BARKAH WAHYU WIDIANTO Program Studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Nasional, Bandung

Keywords:

Runway, Federal Agency Administration, Asphalt Concrete PG 76 FR, PCN dan ACN

Abstract

ABSTRAK
Bandar udara Mutiara SIS Al-Jufri Palu merupakan salah satu penunjang transportasi udara Kota Palu. Pada tahun 2018 terjadi gempa yang mengakibatkan retak pada runway disepanjang 250 m sehingga diperlukan rekonstruksi khususnya pada bagian runway. Penelitian ini bertujuan merancang tebal perkerasan Bandara dengan menggunakan metode Federal Agency Administration
(FAA). Pada metode FAA digunakan 2 jenis Hot Mix Asphalt yang berbeda yaitu Asphalt Concrete Pen 60/70 dan Asphalt Concrete PG 76 FR serta menghitung nilai PCN dan ACN pada runway tersebut. Dengan menggunakan metode FAA untuk jenis Asphalt Concrete Pen 60/70 didapatkan tebal total perkerasan sebesar 78,5 cm dan untuk jenis Asphalt Concrete PG 76 FR didapat tebal
total perkerasan sebesar 71,5 cm. dengan analisis tersebut Asphalt Concrete PG 76 FR memiliki tebal 8.9 % lebih tipis jika dibandingkan dengan Asphalt Concrete Pen 60/70. Perbedaan tebal pada metode FAA diakibatkan karena nilai modulus resilien yang berbeda dari masing-masing Asphalt Concrete. Untuk nilai PCN dan ACN pada runway tersebut Asphalt Concrete Pen 60/70 memiliki nilai PCN sebesar 65 sedangkan untuk Asphalt Concrete PG 76 FR memiliki nilai PCN sebesar 84 sehingan Asphalt Concrete PG 76 FR memiliki nilai PCN 22,6 % lebih tinggi jika dibandingkan
dengan Asphalt Concrete Pen 60/70.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2