Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan Bus Trans Metro Bandung (TMB) Pada Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • IMMANUEL FERNANDES TAMPUBOLON Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional
  • ELKHASNET Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional
  • MUHAMAD RIZKI Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Transportasi,, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Pandemi COVID-19

Abstract

ABSTRAK
Masa pandemi COVID-19 mempengaruhi preferensi masyarakat dalam memilih moda transportasi umum. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa transportasi, Trans Metro Bandung (TMB) dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan protokol kesehatan agar pengguna jasa transportasi TMB tetap menggunakannya dalam masa pandemi ini. Tingkat kepuasan mengenai protokol kesehatan pengguna ditentukan dengan cara menyebar kuesioner kepada pengguna bus TMB koridor 2. Hasil kuesioner tersebut, kemudian dikelompokan sesuai dengan karakteristik pergerakan pengguna pada masa sebelum pandemi dan masa pandemi yang dikategorikan sebagai frekuensi tetap dan frekuensi berkurang. Hasil kuesioner setiap kelompok digambarkan dalam diagram kartesius Importance-Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menunjukan kepuasan pengguna dan membandingkan hasil kedua kelompok tersebut. Nilai Customer Satisfaction Index (CSI) kelompok frekuensi tetap sebesar 86% sementara kelompok frekuensi berkurang sebesar 92%, dapat diartikan penurunan frekuensi penggunaan bukan disebabkan oleh pelayanan yang belum memuaskan. Diagram kartesius Importance-Performance Analysis (IPA) menunjukan bahwa atribut pengecekan suhu dan penyediaan hand sanitizer perlu ditingkatkan.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2