Penilaian Kondisi Fungsional Perkerasan Jalan Batang-Toru Provinsi Sumatera Utara Dengan Menggunakan Metode PCI dan Metode PSI

Authors

  • MOCH. FIRGY IRDIANSYAH NUGRAHA Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional
  • SAMUN HARIS Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Kondisi Fungsional Perkerasan Jalan, Rating Kondisi Permukaan Perkerasan Jalan, Program Penanganan Kerusakan Jalan

Abstract

ABSTRAK
Ruas Jalan Nasional Batang-Toru merupakan jalan penghubung simpang tiga Jembatan Aek Batang-Toru sampai simpang tiga Polsek Singkuang, banyak kerusakan karena ruas jalan ini sering dilintasi kendaraan berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut dengan menggunakan metode Pavement Conditions Index (PCI) dan metode Presents Serviceablity Index (PSI), guna mendasari rekomendasi upaya penanganan untuk memperbaiki kerusakannya. Penelitian ini menggunakan metode PCI dan PSI dengan data hasil survei menggunakan alat Hawkeye Processing Toolkit. Kondisi ruas jalan tersebut, memberikan nilai PCI secara rerata yaitu sebesar 68,56 Fair, dan memberikan nilai PSI rerata yaitu sebesar 1,07 Kurang. Nilai Regresi dari hasil evaluasi yaitu R²=0,7897 menunjukkan bahwa PCI mempunyai pengaruh sebesar 78,97% terhadap nilai PSI. Hal ini mengisyaratkan bahwa ruas jalan berada pada rating kondisi Rusak Ringan. Upaya penanganan untuk kondisi rerata yang bernilai rating Rusak Ringan, direkomendasikan dengan program Rehabilitasi.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2