KAJIAN PERHITUNGAN POHON KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN FOTO UDARA DAN CITRA SATELIT PLEIADES DENGAN METODE OBIA (OBJECT BASED IMAGE ANALYSIS) (Studi Kasus Pulau Sebatik)

Authors

  • ISZAM RACHMADAN EJA Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional
  • MOCH BASYID Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Object Based Image Analysis (OBIA), erhitungan Jumlah Pohon Kelapa Sawit (Oil Palm Tree Counting), Segmentasi Multiresolusi, Citra Satelit Pleiades, Foto Udara Resolusi Tinggi

Abstract

ABSTRAK
Kelapa sawit merupakan tanaman penghasil minyak tertinggi per hektar. Untuk dapat memproduksinya secara ekonomis dibutuhkan kemampuan yang tinggi, manajemen yang rapi dan tenaga kerja yang disiplin dan terlatih. Aktifitas tersebut selain menguntungkan bagi ekonomi daerah, juga menyediakan lapangan kerja bagi ribuan keluarga yang masih bergantung pada hasil pertanian. Dalam menunjang potensi besar tersebut, perlu dilakukan penelitan untuk perhitungan jumlah pohon kelapa sawit dan non-sawit tersebut. Perangkat lunak eCognition menerapkan teknik segmentasi baru, yakni Segmentasi Multiresolusi (Multiresolution Segmentation) yang merupakan algoritma berbasis region dengan teknik penggabungan area (region) secara “bottom-up”. Setelah itu, perhitungan jumlah pohon kelapa sawit juga dapat dilakukan dengan algoritma Template Matching menggunakan metode Object Based Image Analysis (OBIA). Nantinya analisis hasil dari penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk inventarisasi, monitoring, perhitungan kapasitas hasil panen, dan lain sebagainya terutama untuk keperluan perhitungan pajak bagi produsen sawit. Dari hasil analisis uji akurasi, dapat diperoleh ketelitian pengidentifikasian pohon kelapa sawit dengan metode template matching sekitar 80% dari foto udara dan 84% dari citra satelit Pleiades.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2