ANALISIS PENGARUH ROLL, PITCH, DAN YAW TERHADAP KETELITIAN KEDALAMAN DI ALUR PELAYARAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK

Authors

  • FIRMANSYAH NUR RAMADHANI Institut Teknologi Nasional, Bandung
  • NI MADE RAI RATIH CAHYA Perbani Institut Teknologi Nasional, Bandung

Keywords:

roll, pitch, yaw, titik stabilitas kapal

Abstract

ABSTRAK
Patch test merupakan faktor penting dalam mendukung survei multibeam echosunder (MBES) untuk menjamin kualitas ketelitian kedalaman yang dihasilkan dengan memberikan koreksi karena miringnya posisi transduser akibat roll, pitch, dan yaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketelitian kedalaman akibat pengaruh roll, pitch, dan yaw dari kalibrasi patch test di alur pelayaran Pelabuhan Tanjung Priok. Titik-titik stabilitas kapal ditentukan dengan menggunakan metodologi penelitian Azmar (2015). Uji coba dilakukan dengan
sesuai dengan penempatan transduser pada saat pelaksanaan pengukuran, kapal dirotasikan sesuai sudut hasil patch test, dengan kedalaman saat pasang tertinggi
pada sampling area ekstrem (roll di dasar laut datar, pitch dan yaw di dasar laut yang memiliki kemiringan). Dengan mengacu kepada Special Publication 44 Edisi Kelima menurut International Hydrography Organization (IHO), hasil ketelitian pengukuran survei di alur pelayaran Pelabuhan Tanjung Priok masih memenuhi klasifikasi Orde 1a dengan kesalahan vertikal maksimum tidak melebihi 0,5584 m, didapat nilai kesalahan roll 0,1052 m, pitch 0,2536 m, dan yaw 0,0088 m.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2