Analisis Pengaruh Variabel Antropogenik Terhadap Urban Heat Island di Kota Bandung

Authors

  • ZULFADLY URUFI Institut Teknologi Nasional, Bandung
  • ABDURRAHMAN QEIS AHMAD Institut Teknologi Nasional, Bandung

Keywords:

Urban Heat Island, Kendaraan Bermotor, Sikap Masyarakat

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan dan pembangunan kota yang tidak terarah akan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena lingkungan yaitu sebaran urban heat island di Kota Bandung dan mengidentifikasi variabel yang memengaruhi peningkatan suhu permukaan.
Fenomena urban heat island terjadi dengan adanya perbedaan suhu yang lebih tinggi pada pusat kota, dan akan lebih rendah pada bagian suburban suatu kota.
Hasil perbandingan antara peta suhu permukaan Kota Bandung pada tahun 2011 dan tahun 2020 menunjukkan perbedaan suhu ± 4 ℃. Fenomena urban heat island di Kota Bandung dipengaruhi oleh beberapa variabel diantaranya jumlah kendaraan bermotor, sikap masyarakat yang menghasilkan energi antropogenik,
dan penggunaan lahan di Kota Bandung. Hasil dari analisis regresi linear pengaruh variabel jumlah kendaraan bermotor dan sikap masyarakat terhadap suhu
permukaan di Kota Bandung menghasilkan nilai r-square sebesar 0.357 atau 35.7% dan nilai adjusted r-square sebesar 0,323 atau 32.3%.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2