Ketersediaan Sarana Pendidikan Sekolah Dasar (SD/MI) Kecamatan Batununggal, Kota Bandung

Authors

  • AINURRAHMI NOVIANTI Institut Teknologi Nasional, Bandung

Keywords:

Sekolah Dasar, Tingkat Pelayanan, Radius Pelayanan dan Aksesibilitas

Abstract

ABSTRAK
Pelayanan pendidikan berperan penting dalam pembangunan berkelanjutan dengan menyediakan sarana pendidikan untuk masyarakatnya. Adanya konsep sekolah
ramah anak berpusat pada proses belajar yang didukung oleh keadaan sosial, fisik dan emosional yang positif, sehat dan aman, Shaeffer (1999) dalam Rangkuti & Maksum (2019). Penelitian ini bertujuan menilai kesiapan sarana pendidikan Sekolah Dasar (SD/MI) di Kecamatan Batununggal melalui tingkat pelayanan, radius jangkauan pelayanan dan aksesibilitas berdasarkan sistem zonasi. Hasil penelitian menunjukan, hanya 1 sekolah yang memiliki kesiapan yang baik dalam menjalankan sarana pendidikan yaitu SDN 109 Centeh, dilihat dari semua variabel yang terpenuhi meliputi tingkat pelayanan termasuk Tipe A, radius jangkauan pelayanan sekolah
dapat melayani dan aksesibilitasnya tersedia fasilitas pejalan kaki. 19 diantaranya perlu adanya peningkatan tingkat pelayanan, aksesibilitas meliputi fasilitas pejalan
kaki dan fasilitas penyeberangan, sehingga terpenuhinya kesiapan untuk menjalankan sarana pendidikan dengan rasa aman dan kenyamanan, untuk mencapai sekolah ramah anak dengan sistem zonasi.

 

 

ABSTRACT
Education services play an important role in sustainable development by providing educational facilities for the community. The concept of a child-friendly school is
centered on the learning process supported by positive, healthy, and safe social, physical, and emotional circumstances, Shaeffer (1999) Rangkuti &Maksum (2019).
This study aims to assess the readiness of elementary school education facilities (SD/MI) in the Batununggal sub-district through the level of service, the radius of service coverage, and accessibility based on the zoning system. The results showed that only 1 school has good readiness in running educational facilities, namely SDN 109 Centeh, judging by all the variables that are met including the level of service including Type A, the radius of the range of school services can serve and accessibility available pedestrian facilities. 19 of them need to improve the level of service, accessibility includes pedestrian facilities and crossing facilities, so that the fulfillment of readiness to run educational facilities with a sense of security and comfort, to achieve a child-friendly school with a zoning system.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2