Sense of Place Pada Ruang Publik Berdasarkan Persepsi Pengunjung (Studi Kasus: Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat)

Authors

  • SHENY LULUAH Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Nasional, Bandung

Keywords:

Ruang Publik, Taman Lapangan Banteng, Sense of Place

Abstract

ABSTRAK
Keberadaan ruang publik yang mudah diakses oleh semua orang dan berfungsi secara baik sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan penduduk kota. Salah satu ruang publik di DKI Jakarta yang mempunyai nilai historis di dalamnya yaitu Taman Lapangan Banteng. Taman Lapangan Banteng dilakukan revitalisasi sebanyak 75%, adanya perubahan aktivitas dan fisik membuat interaksi yang baru bagi pengunjung dan interaksi inilah yang menciptakan sense of place. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi sense of place di Taman Lapangan Banteng sebagai ruang publik. Melalui kuesioner, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana place identity, place attachment, dan place dependence
berdasarkan persepsi pengunjung. Hasil dari penelitian sense of place di Taman Lapangan Banteng, responden sudah merasakan adanya sense of place di Taman Lapangan Banteng dengan faktor yang paling berpengaruh yaitu place attachment dan place dependence dan secara umum sense of place yang dirasakan oleh responden pada Taman Lapangan Banteng cukup kuat.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2