Identifikasi Identitas Kawasan Berdasarkan Tingkat Pengenalan Citra Kawasan, Tingkat Daya Tarik dan Tingkat Kepuasan Atas City Branding Pada Kawasan Cibaduyut

Authors

  • REZA AHMAD FADHILLA Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • SADAR YUNI RAHARJO Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Citra kawasan, merek kota, identitas kawasan

Abstract

ABSTRAK
Kawasan Cibaduyut merupakan kawasan yang didalamnya terdapat kegiatan perdagangan sepatu yang dikenali oleh masyarakat. Seiring dengan berjalannya waktu, Kawasan Cibaduyut memiliki banyak perubahan fisik didalamnya yang mempengaruhi identitas kawasan sebagai kawasan perdagangan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi identitas kawasan berdasarkan tingkat pengenalan citra kawasan, tingkat daya tarik dan tingkat kepuasan atas merek kota pada Kawasan Perdagangan Cibaduyut. Citra fisik kawasan dipengaruhi oleh elemen citra kawasan, yaitu jalan, batas, kawasan, simpul dan simbol pada kawasan. Citra fisik kawasan yang dibahas sebagai tingkat pengenalan masyarakat terhadap Kawasan Perdagangan Cibaduyut. Merek kota dipengaruhi oleh elemen kehadiran, potensi, tempat, denyut, masyarakat dan pra-syarat dari suatu kota. City branding kawasan yang dibahas sebagai tingkat daya tarik dan tingkat kepuasan masyarakat sebelum mengunjungi dan sesudah mengunjungi kawasan. Identifikasi identitas kawasan dapat dilakukan setelah melakukan analisis terhadap citra fisik kawasan dan merek kota, yang selanjutnya analisis tersebut digabungkan untuk mencari identitas kawasan.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2