Identifikasi Kepuasan Masyarakat Terhadap Smart Government Dalam Memenuhi Kebutuhan Pelayanan Publik di Kota Tangerang

Authors

  • FARHAN DESTRIAWAN Institut Teknologi Nasional
  • SADAR YUNI RAHARJO Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Pelayanan Publik, Smart Governmnet, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Kota Tangerang merupakan kota yang memanfaatkan teknologi untuk terus bertransformasi
menjadi smart city. Kota Tangerang sudah memiliki berbagai jenis pelayanan publik berbasis
aplikasi dan TIK yang dapat menjadi inovasi dalam memudahkan masyarakat menggunakan suatu layanan yang dibutuhkan serta memudahkan penyampaian informasi kepada masyarakat.
Penelitian ini berfokus untuk mengidentifikasi kepuasan masyarakat terhadap smart government dalam memenuhi kebutuhan pelayanan publik di Kota Tangerang. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan observasi sistem aplikasi Tangerang LIVE. Data tersebut kemudian diolah lebih dalam menggunakan analisis indeks kepuasan masyarakat untuk mengetahui penilaian persepsi pengguna layanan smart government serta analisis persentase dan deskriptif untuk diketahui implementasi rencana smart government dibandingkan dengan realisasinya. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa IKM seluruh pelayanan smart government Kota Tangerang termasuk kedalam kategori baik dengan implementasi smart government di Kota Tangerang masih belum efektif.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2