Analisis Pemenuhan Kriteria Wisata Belanja Ramah Muslim pada Pusat Perbelanjaan (Mall) di BIP dan TSM Kota Bandung Berdasarkan Faith-Based Service Needs

Authors

  • ZULFADLY URUFI Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Nasional

Keywords:

wisata ramah muslim, wisata belanja ramah muslim, mal, faith-based service needs, Muslim Friendly Tourism, Muslim Friendly Shopping, Mals, Faith- Based Service Needs

Abstract

Tren wisata ramah muslim yang mempengaruhi perkembangan pariwisata
Indonesia. Kota Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang
mendeklarasikan kotanya menjadi kota ramah muslim. Kota Bandung memiliki
banyak potensi wisata salah satunya wisata belanja berupa mal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi kesiapan pusat perbelanjaan (mal) di BIP dan
TSM sebagai wisata belanja ramah muslim melalui pemenuhan kriteria ramah
muslim dari model faith-based service needs. Adapun jenis penelitian ini
merupakan penelitian campuran dengan metode deskriptif. Penelitian ini memiliki
tiga analisis, analisis pertama menunjukan ketersediaan indikator ramah muslim
secara eksisting lalu analisis kedua menunjukan level observis dari tiap indikator
berdasarkan persepi pengunjung dan analisis terakhir menunjukan kesiapan kedua
mal sebagai wisata belanja ramah muslim. Dari analisis dengan menggunakan
sakala likert didapatkan kesimpulan bahwa kedua mal sudah sangat siap menjadi
wisata belanja ramah muslim.


ABSTRACT
The trend of Muslim-friendly tourism affected the Indonesian tourism. Bandung is
one of the cities which declared as a Muslim-friendly. Bandung tourism has a lot
of potential such a shopping tourism like mall. This study aims to identify the
readiness of shopping centers (malls) at BIP and TSM as Muslim friendly shopping
tourism through the fulfillment of Muslim friendly criteria from the faith-based
service needs model. This research has a mixed type with descriptive method. This
study has three analyses, the first shows the availability of existing Muslim-friendly
indicators then the second shows the level of observation of each indicator based
on visitor perceptions and the last shows the readiness of two malls as Muslimfriendly
shopping tourism. From the analysis that using likert scale, it concluded
that the two malls are very ready to become Muslim-friendly shopping tourism.

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2