IDENTIFIKASI HUBUNGAN INFORMASI MEDIA SOSIAL TERHADAP KUJUNGAN TAMAN DI SWK KAREES KOTA BANDUNG

Authors

  • Nenden Saftariani Solihah Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Ruang Terbuka Hijau, Taman, media sosial,, Pengunjung

Abstract

Taman merupakan salah satu implementasi dalam memenuhi kebutuhan ruang terbuka hijau di
kawasan perkotaan. Inovasi dalam penyediaan taman semakin berkembang dengan hadirya
taman-taman yang memiliki ciri khas dan dilengkapi dengan fasilitas yang dapat menunjang
kegiatan pengunjung. Penggunaan media sosial yang massive juga digunakan sebagai tempat
berbagi momen saat ini, sehingga memicu adanya ketertarikan seseorang terhadap apa yang
dibagikan. Namun, hal tersebut menimbulkan suatu isu mengenai keterkaitan antara peningkatan
kunjungan taman dengan kegiatan publikasi di platform media sosial. Dimana kehadiran tamantaman
di Kota Bandung memicu banyaknya remaja yang memanfaatkan ruang publik sebagai
ajang untuk berkomunitas. Keterkaitan taman dengan media sosial ini dipengaruhi oleh beberapa
substansi. Untuk mengetahui keterkaitan media sosial yang dapat meningkatkan kunjungan
taman di SWK Karees, Kota Bandung maka dilakukan identifikasi dengan penggunaan metode
analisis tabulasi silang dan koefisiensi kontingensi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat
keterkaitan penggunaan media sosial terhadap taman. Berdasarkan hasil analisis distribusi silang
dan uji koefisiensi kontingensi yang telah dilakukan dengan mengolah variabel, maka informasi
taman yang dipublikasi pada media sosial memiliki hubungan yang kuat dengan tangkat
kunjungan taman yang ada di SWK Karees.
Kata Kunci: Ruang Terbuka Hijau, Taman, media sosial, Pengunjung

Downloads

Published

2021-12-21

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 2