EVALUASI KONDISI FUNGSIONAL DAN STRUKTURAL PERKERASAN JALAN PADA RUAS JALAN SOEKARNO-HATTA BANDUNG

Authors

  • Ingeu Meriani
  • Imam Aschuri

Keywords:

Umur Rencana, Road Condition Index, International Roughness Index, Present Serviceability Index, Remaining life

Abstract

Jalan merupakan hal yang sangat penting dalam memperlancar perekonomian, mendukung perkembangan sosial dan pembangunan suatu daerah. Sementara volume kendaraan yang berlebih akan berdampak terhadap kondisi fisik sampai berkurangnya umur rencana jalan. Kondisi tersebut juga berlaku untuk ruas jalan Soekarno-Hatta Bandung, sehingga tujuan penulisan ini untuk mengetahui seberapa besar penurunan rencana jalan atau memprediksi sisa umur perkerasan jalan akibat pengaruh volume kendaraan, dengan mengetahui kinerja jalan menggunakan metode RCI dan PSI serta mengetahui nilai lendutan yang ada pada perkerasan juga menggunakan LHR sebagai parameter. Diperoleh hasil perhitungan nilai rata-rata yaitu RCI sebesar 7,02 (kondisi Baik) dengan nilai IRI sebesar 5,01 m/km (kondisi sedang) memelukan penanganan pemeliharaan berkala, dan PSI sebesar 1,49 (kondisi kurang), selain itu hasil perhitungan tebal lapis tambah/overlay sebesar 8,28 cm. Untuk prediksi umur sisa jalan yaitu dengan membandingkan kondisi aktual dan kondisi rencana dengan menggunakan umur rencana 10 tahun. Pada perhitungan dengan menggunakan metode AASHTO 1993 diperoleh hasil Remaining life dengan kondisi aktual jauh lebih besar daripada kondisi rencana sehingga masih memiliki prosentase umur sisa sebesar 35,60% pada tahun 2025. Penurunan umur sisa yang terjadi antara kondisi aktual dan rencana sebesar 52,35%, artinya umur sisa pada perkerasan jalan tersebut akan berakhir pada tahun 2026.

Downloads

Published

2022-03-14

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 3