KAJIAN TEBAL LAPIS PERKERASAN KAKU PADA PELEBARAN JALAN TOL JAKARTA – CIKAMPEK BERDASARKAN METODE AASHTO 1993 DAN MDPJ 2017

Authors

  • Ananda Anggie Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Jalan Raya, Perkerasan Kaku, Pelat Beton, Penulangan, Sambungan

Abstract

Perencanaan perkerasan kaku terdapat dua metode yang sangat dikenal di Indonesia dan sering dipakai untuk merencanakan suatu jalan yang menggunakan perkerasan kaku, yaitu Metode AASHTO 1993 dan Manual Desain Perkerasan 2017, permasalahan yang dikemukakan adalah Bagaimana alternatif desain rigid pavement dengan kedua metode tersebut dari parameter-parameter perencanaan. Berapa tebal perkerasan yang dibutuhkan pada rigid pavement metode AASHTO 1993 dan Manual Desain Perkerasan 2017 dan membandingkan tebal perencanaan perkerasan kaku rigid pavement antara kedua metode tersebut pada jalan tol Jakarta - Cikampek . Mendukung penelitian di atas diawali dengan pengumpulan data Primer yaitu untuk mengukur dimensi jalan sementara untuk pengumpulan data Sekunder diperoleh nilai LHR 2016, VDF Kendaraan, CBR tanah dan gamber detail perencaan perkerasan.

Downloads

Published

2022-03-14

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 3