KUALITAS PELAYANAN ANGKUTAN KOTA TRAYEK MARGAHAYU – LEDENG DI KOTA BANDUNG PADA MASA PANDEMI COVID - 19

Authors

  • RACHMA PUJI RAHAYU Institut Teknologi Nasional Bandung
  • DWI PRASETYANTO Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna, Kinerja Angkutan Umum, Pandemi Covid-19

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan pribadi berbanding terbalik dengan kendaraan umum yang mengalami penurunan. Tingginya penggunaan kendaraan pribadi disebabkan oleh kualitas pelayanan angkutan umum yang semakin menurun. Masa pandemi Covid-19 membuat masyarakat lebih memilih kendaraan yang menjamin keamanan, kenyamanan, kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan pada kualitas pelayanan angkutan umum trayek Margahayu-Ledeng dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) serta digambarkan kedalam diagram kartesius (IPA), dan pengukuran kinerja operasional angkutan kota berdasarkan Standar Pelayanan Umum Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Hasil penelitian pada tingkat kepuasan dan kepentingan dikelompokan kedalam faktor yang diutamakan oleh masyarakat dalam pelayanan angkutan umum, berdasarkan hasil diagram kartesius faktor yang perlu ditingkatkan yaitu kebersihan dan penggunaan alat kesehatan pribadi berupa masker oleh supir angkot, sedangkan faktor kinerja operasional angkot yang perlu perbaikan dalam hal pelayanan masyarakat yaitu jumlah kendaraan yang beroperasi, headway dan frekuensi yang memiliki nilai dibawah Standar Pelayanan Umum Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Downloads

Published

2022-03-14

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 3