IDENTIFIKASI KUALITAS DAYA TARIK DI TAMAN HUTAN RAYA IR. H. DJUANDA BERDASARKAN PERSEPSI PENGUNJUNG

Authors

  • SONY HERDIANA Institut Teknologi Nasional Bandung
  • FAHRISAL DWIKY RAHMAN Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Pariwisata, Aspek A3, Likert, Persepsi, Preferensi

Abstract

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan salah satu destinasi wisata. Jumlah pengunjung mengalami penurunan dimana peneliti mengasumsikan laju pertumbuhan kunjungan wisatawan belum signifikan. Dengan demikian dilakukan penelitian bagaimana kualitas daya tarik wisata berdasarkan persepsi dan preferensi pengunjung, dilihat dalam Aspek A3. Ketiga aspek tersebut harus berkesinambungan sehingga objek wisata memiliki daya tarik tinggi. Alat pengumpulan data diperoleh dari penyebaran kuesioner dangan sampel pengunjung. Data dihitung dengan metode analisis likert. Hasil persepsi aspek atraksi memiliki nilai rata-rata interval 51%-100% yaitu kondisi baik sampai dengan sangat baik, pada aspek amenitas memiliki nilai interval 51%-75% yaitu kondisi baik dan pada aspek aksesibilitas memiliki nilai rata-rata interval 51%-75% yaitu kondisi baik. Preferensi berdasarkan hasil pertanyaan bebas, mayoritas mengharapkan pengawasan lebih agar atraksi terawat, perbaikan akses jalan dan penambahan tempat duduk. Hal tersebut menjadikan masukan untuk pengelola agar meningkatkan kualitas daya tarik sesuai persepsi dan preferensi pengunjung.

Downloads

Published

2022-03-14

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 3