PERANCANGAN MAINAN EDUKASI BERBAHAN KAYU UNTUK ANAK USIA 3 TAHUN

Authors

  • Muhammad Agustrian Program Studi Desain Produk Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional Bandun
  • Sulistyo Setiawan Program Studi Desain Produk Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional Bandun

Abstract

Educational toys are types of toys that can stimulate, train, and develop children's intelligence. This is very important during the growth and development of children, especially toddlers aged 3 years. At this age, children have dynamic activities and have better thinking skills than before with a sense of sharing that begins to grow so that it becomes the most active period for children. Toys are one of the media for children to play and learn at the same time. By researching more deeply and consulting a child psychologist to find out the characteristics and interests of children at the age of 3 years, from the observations made by the author, it can be concluded that toddlers should play with toys that suit their needs so that they are in accordance with the child's growth and development. The achievement of this research is to produce a toy prototype that can move / move following the flow of the child's movement and can train children's thinking skills, at the same time it can also be played by more than one child so that children can play simultaneously, using a design method inspired by the double diamond method. which focuses on children as users.
Keyword : Educational toys, 3 year olds, dynamic, thinking skills

Abstrak
Mainan edukasi merupakan jenis mainan yang bisa merangsang, melatih, dan mengembangkan kecerdasan anak. Hal ini sangat penting selama masa tumbuh kembang anak terutama anak balita usia 3 tahun. Pada usia ini, anak memiliki aktivitas yang dinamis serta memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik dari sebelumnya dengan rasa berbagi yang mulai tumbuh sehingga menjadi masa yang paling aktif bagi anak. Mainan menjadi salah satu media anak untuk bermain sekaligus belajar. Dengan meneliti lebih dalam serta berkonsultasi kepada seorang psikolog anak untuk mengetahui karakteristik dan ketertarikan anak pada usia 3 tahun, dari pengamatan yang dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa anak balita harus bermain dengan mainan yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga sesuai dengan tumbuh kembang anak. Ketercapaian penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah prototype mainan yang dapat bergerak/berpindah mengikuti alur pergerakan anak serta dapat melatih kemampuan berpikir anak, sekaligus bisa juga dimainkan lebih dari satu anak sehingga anak bisa bermain secara bersamaan, dengan mengunakan metode desain yang terinspirasi dari metode double diamond yang berfokus pada anak sebagai user.

References

Floreta Liu, C. C. (2017, May). Play is the Work of the Child. Montessori and Play-Based Learning, p. 1.

Irvin, M. (2017). The Importance of Play in Early Chilhood Education. "THE IMPORTANCE OF PLAY , 4-5.

Jaffe, D. (2006). The history of toys : from spinning tops to robotr.

Peter K. Smith, A. P. (2013). Learning Through Play. Play, 2.

S.Psi, D. M. (2021, May 1). tahap perkembangan anak. (M. agustrian, Interviewer)

Downloads

Published

2022-09-19

Issue

Section

2022 Desain Produk