PERANCANGAN PRODUK RUNNING SHOES UNTUK PELARI MILENIAL DENGAN KONSEP URBAN STREETWEAR

Authors

  • Cakra Kautsar Muhammad Eru Program Studi Desain Produk, Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Waskito Mohamad Arif Program Studi Desain Produk, Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional

Keywords:

running shoes, millennials lifestyle, urban streetwear, ergonomics

Abstract

Abstrak
Berlari merupakan salah satu bentuk gerak tubuh yang secara alami dilakukan manusia untuk berpindah tempat. Dalam konteks olahraga, lari telah menjadi salah satu olahraga paling populer dan diperlombakan dalam berbagai kategorinya. Selain menjadi olah raga yang diperlombakan, berlari juga dilakukan oleh masyarakat dengan tujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Bahkan saat ini popularitas lari semakin berkembang dan mengarah menjadi bentuk gaya hidup di masyarakat kota-kota besar, khususnya di kelompok generasi milenial. Fokus dari penelitian ini adalah menganalisis keterkaitan antara aspek pengguna, aspek ergonomi, fungsi dan visual produk sepatu running dengan berkembangnya fenomena gaya hidup masyarakat milenial, khususnya pada subkultur urban streetwear. Perancangan produk sepatu running ini menggunakan metode Double diamond design method, yaitu metode desain yang dilaksanakan melalui tahapan kegiatan Discover, Define, Develop, dan Deliver. Pada proses merealisasikan konsep desainnya akan digunakan juga teknologi 3D printing sehingga hasil analisis terhadap aspek-aspek desain di atas dapat dievaluasi lebih akurat. Perancangan sepatu running ini diharapkan dapat mengisi peluang pasar yang besar dalam masyarakat perkotaan, khususnya pada kelompok anak muda milenial dengan kualitas kenyamanan yang baik dan kualitas visual yang sesuai dengan gaya hidup mereka.

 

Abstract
Running is a form of motion that human do naturally to move from one place to another. As a sport, running has become one of the most popular sport with different variation of categories and also held as a competition. Apart from running as competition, it has become a part of humans activity to maintain body health and fitness. Even today, the popularity of running has become a part of lifestyle in most major cities, especially among the millennials generation.This research is focusisng on alayzing the relationship between user, ergonomics, fuctional, and visual aspect of running shoes along with the evolution of the millennial lifestyle phenomenon, especially in the urban streetwear subculture. The research process is using Double Diamond design method which carried out through the Discover, Define, Develop, and Deliver stage. The prototyping process is using 3D printing technology so that the analysis result of the design aspects can be accurately evaluated. With the design of these running shoes is expected to fill a large market opportunity in urban communities, especially in the millennial youth group with good comfort and visual quality that suits their lifestyle.

References

Breedveld, K., Scheerder, J., & Borgers, J. (2015). Running across Europe. In J. Scheerder & K. Breedveld (Eds.), Running across Europe. Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1057/9781137446374.0017

Chadwick, S., & Walters, G. (2009). Sportswear identification, distinctive design and manufacturer logos – issues from the front line. The Marketing Review, 9(1), 63–78. https://doi.org/10.1362/146934709X414332

Dimock, M. (2019). Defining generations: Where Millennials end and Generation Z begins. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2019/01/17/where-millennials-end-and-generation-z-begins/

Lipiec, M. (2019). Beyond the Double Diamond: Thinking about a better design process model. https://uxdesign.cc/beyond-the-double-diamond-thinking-about-a-better-design-process-model-de4fdb902cf Martin, R. (1998). All American: A Sportswear Tradition. Fashion Institue of Technology.

Parry, Z. (2018). From Hood to Haute. International Fashion & Management.

Published

2021-08-31

Issue

Section

2021 Desain Produk