EDUTAINMENT CAKRA CENDEKIA DI DEPOK

Authors

  • Panji Raksaka Eka Paksi
  • Agus Dharma Tohjiwa

Keywords:

arsitektur, edutainment, edukasi, anak-anak

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan non formal bagi anak-anak menjadi suatu variasi yang dapat menunjang pendidikan yang ada. Variasi pendidikan non formal yang bersifat edukasi dan rekreasi memberikan ketertarikan bagi anak-anak. Sehingga anak tidak mudah penat dalam belajar berbagai hal baru. Edutainment Cakra Cendekia adalah sebuah wadah bagi anak-anak untuk bermain dan belajar, di dukung fasilitas penunjang yang dibuat sedemikian rupa untuk menunjang kebutuhan pengembangan diri anak, anak dapat berkreasi, bereksplorasi, dan bermain dengan imajinasinya. Edutainment Cakra Cendekia adalah sarana pengembangan kreatifitas anak melalui pengenalan dalam bidang profesi pertahanan dan keamanan negara, TNI dan Polri. Melalui sebuah fasilitas bagi anak-anak usia 0-12 tahun dengan menerapkan konsep Edutainment yaitu bermain sambil belajar yang bertujuan membantu dalam pengembangan diri anak-anak dengan menyesuaikan dengan karakteristik kelompok usia sebagai dasar perancangan dan menciptakan persepsi anak dalam bidang profesi tertentu. Dengan adanya redesign Edutainment Cakra Cendekia ini bertujuan untuk mewujudkan variasi pendidikan non formal di Kota Depok. Pendekatan Arsitektur perilaku dan metafora pada bentukan bangunan digunakan sebagai upaya untuk menghasilkan sebuah bangunan yang sesuai dengan sasaran penggunanya, dimana bangunan akan memperhatikan factor keaktifan anak dalam bermain yang tentunya membutuhkan perhatian khusus, terutama dari segi keamanannya, sehingga mempengaruhi pula pada bentuk dan pemilihan material bangunan.

Kata Kunci: arsitektur, edutainment, edukasi, anak-anak.

References

Anggada, R. “Perancangan Sekolah Informal untuk Anak-Anak dengan Pendekatan Arsitektur Visual, Audiotorial, Kinestetik”. Jurnal Desain. 5. 2018. hlm 117-122.

Anonim. 2010. Buku Profil Rumah Pintar Cakra Cendekia 1. Rumah Pintar Cakra Cendekia. Depok.

Apriliana A.U., Padmanaba C.G.R., Yong S.d. “Perancangan Interior Lego House sebagai Pusat Edukasi dan Retail di Surabaya”. Jurnal Intra. 4. 2016. hlm 534-543.

Badan Pusat Statistik Kota Depok. (2020). “Jumlah Penduduk Usia Anak”, https://depokkota.bps.go.id, diakses 17 Januari 2021

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. 2013. NSPK: Nama, Standar, Prosedur, dan Kriteria; Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran, dan Pengelolaan Bantuan Rintisan Rumah Pintar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Fadhillah, N. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak”. Universitas Negeri Padang. https://osf.io/3j9qb/download/?format=pdf, diakses 17 Januari 2021.

Haryadi, Setiawan. B. 2010. Arsitektur, Lingkungan dan Perilaku. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Hutapea C.R., Razziati H.A., Sujudwijono N. “Taman Bermain Anak dengan Penekanan Aspek Keamanan dan Kenyamanan di Tarekot Malang”. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur. 3. 2015. hlm 1-15.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Data Referensi: Data Master – Satuan Pendidikan (NPSN) – Pendidikan Dasar dan Menengah”. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?level=3&kode=026608&id=9, diakses 17 Januari 2021.

Nakamura, Hiroshi. 2010. Microscopic Design. Publissher Inax. Japan.

Neufert, Ernst. 1996. Data Arsitek Jilid 1, Terjemahan oleh Dr, Ing Sunarto Tjahjadi. Dr. Ferryanto Chaidir, Erlangga. Jakarta.

Neufert, Ernst. 1996. Data Arsitek Jilid 2. Terjemahan oleh Dr, Ing Sunarto Tjahjadi. Dr. Ferryanto Chaidir, Erlangga. Jakarta.

Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 08 Tahun 2010 http://bphn.go.id/data/documents/perda_kota_depok_nomor_8_tahun_2010.pdf, diakses 17 Januari 2021.

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada. Depok.

Senda, Mitsuru. 1992. Design of Children's Play Environment. McGrow-Hill. New York.

Senda, Mitsuru. 1998. Play Space for Children. Ichigaya Publishing Co., Ltd. Tokyo

Suryono Y., et all. 2012. Rumah Pintar, Taman Pintar, dan Komunitas Pintar”. Jurusan PLS Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Tanjaya F.A. and Wibowo M. “Perancangan Interior Lego Day Care Centre di Surabaya”. Jurnal Intra. 2. 2014. hlm 222-228.

Walikota Depok. 2013. Lampiran I Peraturan Walikota Depok: Penetapan dan Persyaratan Jarak Bebas Bangunan serta Pemanfaatan pada Daerah Sempadan, Nomor 15. Walikota Depok. Depok

Downloads

Published

2021-10-22

Issue

Section

2021 Arsitektur