Penerapan Konsep Open Space dan Sunda Local Culture pada Desain Arsitektur Bangunan Shopping Center

Authors

  • Devika Alverina Vanida
  • Ardhiana Muhsin

Keywords:

lingkungan, local culture, open space, shopping center

Abstract

ABSTRAK
Kondisi saat ini di wilayah Bandung Barat tepatnya di area Padalarang dan Kota Baru Parahyangan masih belum terdapat retail dengan jenis Shopping Center yang menyediakan berbagai macam kebutuhan di dalam satu tempat, sehingga dibangunnya Shopping Center ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan rekreasi para masyarakat di sana. Dengan memperhatikan lingkungan sekitar, maka konsep yang dipilih untuk pembangunan proyek ini adalah Open Shopping Center yang merupakan penggabungan dua unsur yaitu open space dan local culture yaitu budaya sunda yang dinilai cocok dengan lingkungan sekitar site dan dapat diterima oleh masyarakat disana. Penerapan konsep pada proyek ini yaitu dengan memaksimalkan ruang terbuka hijau di dalam dan luar bangunan yang bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh seluruh kalangan serta pengaplikasian desain-desain arsitektural dengan penggunaan warna material earth tone, finishing kayu dan bambu pada area fasad yaitu pada secondary skin dan kanopi entrance. Sehingga tema ini diharapkan bisa menjaga kearifan lokal setempat dengan cara penerapan konsep tersebut pada Shopping Center ini dan para pengunjung yang datang akan merasa nyaman dan bisa lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Kata kunci: Lingkungan, local culture, open space, shopping center

ABSTRACT
The current conditions in the West Bandung area, which is in Padalarang and Kota Baru Parahyangan, there is still no retail with the type of Shopping Center that provides various kinds of needs in one place, so this project of the Shopping Center is intended to fulfill living and recreational needs for the people there. By paying attention to the surrounding environment, the concept chosen for this project is the Open Shopping Center which is a combination of two elements, that is open space and local culture namely Sundanese culture which is considered suitable for the environment around the site and can be accepted by people there. The application of the concept in this project is to maximize the green open space inside and outside the building that can be used by all groups as well as the application of architectural designs with the use of earth tone material colors, wood and bamboo finishing in the facade area, which is the secondary skin and canopy entrance. So this theme is expected to maintain local wisdom by applying this concept to the Shopping Center and the visitors who come will feel comfortable and more caring about the surrounding environment.
Keywords: Environment, local culture, open space, shopping center,

References

Beddington, Nadine., 1982. Design for Shopping Center. Mc. Graw-Hill Book Company.

Chiara, Joseph dan John Callender, (1983). Time-Saver Standards For Building Types, Singapore : McGraw-Hill Inc.

Ching, Francis, (2007). Architecture : Form, Space, & Order, New Jersey : John Wiley & Sons Inc.

Idedhyana, I, Bagus. (2016). Perancangan Tapak Pada Mall Kuta Beach Beachwalk. Jurnal Teknik Gradien Volume 8 No. 2

Masduki, Aam. (2015). Kearifan Lokal Orang Sunda Dalam Ungkapan Tradisional Di Kampung Kuta Kabupaten Ciamis. Jurnal Patanjala Vol.7

No.2

Neufert, Ernst, Data Arsitek Jilid 1, Jakarta : Erlangga, 1996

Nuryanto, (2019). Arsitektur Nusantara, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Zevi, Bruno, (1978). The Modern Language of Architecture, Seattle : University of Washington Press.

Downloads

Published

2021-10-23

Issue

Section

2021 Arsitektur