PENGENALAN SEJARAH PERJANJIAN LINGGARJATI BAGI REMAJA MELALUI PERANCANGAN BOARD GAME

Authors

  • PANDU SIDIK PERMANA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • SRI RETNONINGSIH Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • ASEP RAMADHAN Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Abstract

The Linggarjati Agreement, which took place in 11-15 november 1946 between Indonesia and the Netherlands, stands as a crucial milestone in Indonesian history following the Japanese occupation and the war for independence. Despite its significance, many teenagers show little interest in this historical subject. In an effort to address this, an educational board game is proposed, adopting a trivia genre with a cartoonish style. The aim is to educate teenagers by introducing the history of the Linggarjati Agreement, serving as an educational tool to familiarize them with the events before and after the agreement.

ABSTRAK
Perjanjian Linggarjati, terjadi pada 11-15 november 1946 antara Indonesia dan Belanda, menjadi tonggak penting dalam sejarah Indonesia setelah pendudukan Jepang dan perang kemerdekaan. meskipun signifikan, banyak remaja tidak tertarik pada pelajaran sejarah ini. dengan merancang sebuah board game edukatif dengan genre trivia dengan menggunakan style kartunis yang bertujuan untuk mengedukasi remaja dengan mengenalkan Sejarah Perjanjian Linggarjati sebagai bentuk edukasi untuk mengenal atau pun untuk mempelajari sejarah perisitwa sebelum dan sesudah perjanjian terjadi.

References

PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 6-10 TAHUN oleh Mufida. Ainul , Abidin.Muhamad Ro’is. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/e-ISSN:2747-1195

Board Game Sebagai Media Edukasi Pembelajaran Mengenai Kedisiplinan dan Tanggung Jawab untuk Anak oleh Darmo.Budi, Tashya. Agnes , Wardhani. Ariani http://dx.doi.org/10.24912/jurnal.v18i1.21576

RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK TEKNIK DIGITAL oleh Nugraha.Ariadie Chandra, Khairudin.Moh, Hertanto.Deny Budi Hertanto https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/download/15121/9633

IMPLEMENTASI BOARD GAMES DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS oleh Ratminingsih.Ni Made, http://journal2.um.ac.id/index.php/jip/article/download/5337/2879

GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BOARD GAME KLASTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA oleh Diana.Husnud https://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/download/622/402/3827

TERAMPIL MEMILIH DAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN oleh Ulfa.Maria dan Saifuddin https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/download/6721/4066

ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA MASA PANDEMI COVID-19 oleh Ahmar.Dewi Satria, Kulyawan.Roy dan, Febriawan.Aan https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/download/11574/pdf

ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATERI SEJARAH DI KELAS XI IPS

oleh ASTRI. EVI ARIANI https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/40508/75676585812

Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring oleh Hatmo. Sri Herwanto Dwi

https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/4222/1775/

Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar oleh Anugrahana.Andri https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/4033/1527

Y, E. (2020). Suatu Pengantar: Metode Dan Riset Desain Komunikasi Visual DKV. Deepublish.

PERANCANGAN BRAND IDENTITY MUSEUM GEDUNG PERUNDINGAN LINGGARJATI oleh Herlina.Elin, Pratama.Mochamad Gani Aprila, Nugraha.Rika

https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Signal/article/download/7499/3086

Perjanjian Linggarjati (Diplomasi dan Perjuangan Bangsa Indonesia Tahun 1946 -1947) oleh Susilo.Agus,dan wulansari.Ratna https://www.researchgate.net/publication/356123043_Perjanjian_Linggarjati_Diplomasi_dan_Perjuangan_Bangsa_Indonesia_Tahun_1946-1947

PERACANGAN TOTE BAG SEBAGAI MERCHANDISE APLIKASI EDUALECTA oleh Dian Fatimah,Dandi Yunidar, dan Alvian Fajar Setiawan [https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/19641/19015]

5 FUNGSI TOTE BAG SELAIN SEBAGAI ALAT PROMOSI https://tshirtbar.id/fungsi-tote-bag-selain-sebagai-alat-promosi/

Pengertian Tote Bag dan Fungsinya dalam Kehidupan Sehari-hari https://twindigital.co.id/pengertian-tote-bag/

Kelebihan dan Alasan Stiker Sebagai Media Promosi https://www.narsisdigitalprinting.com/kelebihan-dan-alasan-stiker-sebagai-media-promosi

Downloads

Published

2024-02-27

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual