Usulan Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Brand Awareness di Salah Satu Perusahaan Bahan Bangunan di Kota Bandung Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP)

Penulis

  • AMELYA MAULDYAWATI Program Studi Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

kesadaran merek, komunikasi pemasaran, analytical network process, marketing communication

Abstrak

Salah satu perusahaan bahan bangunan di Kota Bandung saat ini masih belum
dapat menjangkau konsumen secara luas. Perusahaan hanya mengandalkan
konsumen tetap. Saat ini, jumlah konsumen yang melakukan pembelian berkurang
untuk beberapa periode terakhir sehingga kondisi penjualan pun menurun.
Perusahaan perlu meningkatkan kesadaran merek agar lebih dikenal dan dapat
menarik lebih banyak konsumen. Dalam meningkatkan kesadaran merek dilakukan
penelitian strategi komunikasi pemasaran yang terdiri dari kriteria dan subkriteria.
Penelitian ini menggunakan metode Analytical Network Process yang berfungsi
untuk menentukan alternatif strategi komunikasi pemasaran berdasarkan kriteria
dan subkriteria yang digunakan. Terpilih satu kriteria dan subkriteria yang akan
digunakan perusahaan sebagai strategi komunikasi pemasaran untuk
meningkatkan kesadaran merek.

 

ABSTRACT
At this time, one of the building materials company in Bandung is unable to identify
customers on a personal level. The company's sole purpose is to entice consumers to
buy. During this moment, the number of customers who make purchases has
increased for a few months, causing the condition of the purchase to deteriorate. To
become more well-known and to be able to attract a larger number of customers,
a company must increase its brand awareness. The study of marketing communication
strategies consisting of criteria and sub-criteria is driven by brand awareness. This
study uses an analytic network process approach and uses the ability to determine
alternative the marketing communication strategies based on the criteria and subcriteria
used. One of criteria and sub-criteria are selected that will be used by the
company as a marketing communication strategy to increase brand awareness.

 

File Tambahan

Diterbitkan

2022-01-03