Perancangan Strategi Perusahaan dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada UKM Western Hotdog di Bandung

Penulis

  • FARHAN FAWWAZ ZAHRAN Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

peningkatan kinerja, rencana strategis balanced scorecard, Performance Improvement

Abstrak

ABSTRAK
Pada era globalisasi ini persaingan di dunia industri semakin kompetitif dimana para pelaku industri berlomba-lomba untuk meningkatkan daya saingnya. Dalam upaya meningkatkan daya saingnya dalam lingkungan bisnis yang kompetitif ini, perusahaan perlu memperhatikan rencana strategis yang baik. Industri UKM Western Hotdog adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan yaitu memproduksi makanan cepat saji hotdog. Dalam menghadapi persaingan yang ketat perusahaan perlu merancang sistem pengukuran yang dapat menilai peningkatan kinerja perusahaan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dan mampu bersaing dengan perusahaan lain dimasa yang akan datang. Pengukuran dan penilaian kinerja ini dapat menggunakan metode Balanced Scorecard, metode tersebut tidak hanya melihat dari aspek finansial perusahaan saja tetapi melihat dari aspek pelanggan, proses bisnis internal, dan aspek pertumbuhan dan perkembangan.

ABSTRACT
In this era of globalization, competition in the industrial world is increasingly competitive, where industrial players are competing to increase their competitiveness. In an effort to increase its competitiveness in this competitive business environment, companies need to pay attention to a good strategic plan. SME Industry Western Hotdog is a company engaged in the food industry, namely producing hotdog fast food. In facing fierce competition, the company needs to design a measurement system that can assess the increase in company performance to increase company profits and be able to compete with other companies in the future. This measurement and performance appraisal can use the Balanced Scorecard method. This method does not only look at the financial aspects of the company but from the customer, internal business processes, and growth and development aspects.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-03