Pembuatan dan Pengujian Triangle Honeycomb Beam Berbahan Komposit Serat Karbon

Penulis

  • PUTRA RAJA SONANG Program Studi Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Bandung
  • MARSONO Program Studi Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Beam, Komposit, Fiber Carbon, Honeycomb, Bending

Abstrak

Beam atau balok adalah salah satu komponen utama dalam struktur kendaraan yang berfungsi untuk mendukung kestabilan, kekuatan dari kontruksi mobil dan menopang beban penumpang. Penggunaan material beam pada umumnya menggunakan material baja struktur, dimana material baja memiliki kekurangan, yaitu memiliki bobot yang relatif berat. Bobot yang berat ini membutuhkan energi yang besar untuk menggerakkannya, sedangkan pada mobil hemat energi dibutuhkan beam yang lebih ringan untuk meningkatkan efisiensi energi. Dalam penelitian ini dibuat batang dengan penguat struktur honeycomb berbentuk segitiga di bagian dalammya dengan menggunakan material komposit serat karbon. Penggunaan komposit serat karbon ini diharapkan dapat menghasilkan struktur mobil hemat energi yang ringan dan kuat. Batang berpenguat struktur honeycomb ini dibuat dengan variasi ketebalan dinding yang diperoleh dari 1 lapis dan 2 lapis serat karbon. Pengujian bending dilakukan untuk mengetahui kekuatan
lentur dan kekakuan dari batang tersebut. Hasil pengujian bending menunjukkan bahwa pada pengunaan 1 lapis serat karbon didapatkan kekuatan lentur sebesar 5,94 kg/mm2 dan kekakuan sebesar 5 kg/mm, sedangkan pada variasi 2 lapis didapatkan kekuatan lentur sebesar 20.73 kg/mm2 dan kekakuan sebesar 10
kg/mm. 

 


ABSTRACT
Beam or beam is one of the main components in the vehicle structure that serves to support the stability, strength of the car construction and support passenger loads. The use of beam material generally uses structural steel material, where steel material has a drawback, namely having a relatively heavy weight. This heavy weight requires a lot of energy to move it, while in energy efficient cars a lighter beam is needed to increase energy efficiency. In this study, a rod with a honeycomb structure was made in the form of a triangle on the inside using carbon fiber composite material. The use of carbon fiber composites is expected to produce a lightweight and strong energy-efficient car structure. This honeycomb structure reinforced rod is made with variations in wall thickness obtained from 1 layer and 2 layers of carbon fiber. Bending testing is carried out to determine the flexural strength and stiffness of the rod. The results of the bending test showed that the use of 1 layer of carbon fiber obtained a flexural strength of 5.94 kg/mm2
and a stiffness of 5 kg/mm, while the 2-layer variation obtained a flexural strength of 20.73 kg/mm2 and a stiffness of 10 kg/mm. 

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-03