Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2022-06-21. Baca versi terbaru.

PENERAPAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN ALGORITMA FP - GROWTH

Penulis

  • Arie Andreana Taufiq Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Uung Ungkawa Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Nur Fitrianti Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Data Penjualan, Market Basket Analysis, FP – Growth, Lift Ratio, Sales Data

Abstrak

ABSTRAK
Toko Buku Togamas, memiliki kumpulan data penjualan daring yang besar. Data ini, dapat diolah sehingga dapat membentuk sebuah informasi, atau pemetaan penjualan. Salah satu teknologi yang digunakan untuk mengolah data yang berukuran besar, adalah Data Mining. Salah satu metode yang digunakan dalam teknologi tersebut, adalah Market Basket Analysis. Market basket analysis sendiri bertujuan untuk menemukan pola pembelian konsumen. Dengan bantuan Algoritma FP – Growth ditentukan support dan confidence untuk dapat diketahui hubungan – hubungan antara buku sehingga menemukan pola pembelian. Untuk membuktikan validitas, digunakan metode lift ratio dengan nilai diatas sama dengan 1.

ABSTRACT
Togamas Bookstore, has a large dataset of bold sales. This data, can be processed so that it can form an information or sales mapping. One of the technologies used to process large data, is Data Mining. One of the methods used in this technology is Market Basket Analysis. Market basket analysis itself aims to find consumer buying patterns. With the help of the FP – Growth Algorithm, support and confidence are determined to determine the relationships between books so as to find buying patterns. To prove the validity, the lift ratio method is used with the above value equal to 1.

Diterbitkan

2022-06-21

Versi