PERANCANGAN UI/UX BERBASIS MOBILE UNTUK APLIKASI SEMBAKO

Penulis

  • FAUZI YUDIANTO Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Bandung
  • NUR FITRIANTI FAHRUDIN Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

User Interface, User Experience, Mobile Application, DPK

Abstrak

Mobile applications have an important role in increasing company business efficiency. The DPK company is a staple food distribution company, trying to overcome problems in the sales process which is still manual, especially in the Point Of Sales (POS) section. The company wants to integrate the system with a mobile- based application to optimize business processes in terms of sales. User Interface (UI) and User Experience (UX) design plays an important role in the development of this application. UI deals with the appearance of the application, while UX covers the user experience. Requirements analysis is carried out to understand the flow of business processes and user needs. The stages in the system development process use agile methods or are more inclined towards team collaboration. Figma is used to design mobile-based application mockups. This research focuses on UI and UX design for mobile-based POS applications. The initial needs analysis taken from the DPK company's Draft Business Requirements Document forms the basis for the development of this application design. From the test results, the testsuccess value was 100%.
Keywords: User Interface, User Experience, Mobile Application, DPK

ABSTRAK
Aplikasi mobile memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi bisnis perusahaan. Perusahaan XYZ merupakan perusahaan distribusi bahan pokok, berusaha mengatasi masalah dalam proses penjualan yang masih manual, terutama dibagian Point Of Sales (POS). Perusahaan ingin mengintegrasikan sistem dengan aplikasi berbasis mobile untuk mengoptimalkan proses bisnis dalam hal penjualan. Desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) memainkan peran penting dalam pengembangan aplikasi ini. UI berkaitan dengan tampilan aplikasi, sementara UX mencakup pengalaman pengguna. Analisis kebutuhan dilakukan untuk memahami alur proses bisnis dan kebutuhan pengguna. Tahapan yang ada pada proses pengembangan sistem dengan menggunakan metode agile atau lebih condong kepada kolaborasi tim. Figma digunakan untuk merancang mockup aplikasi berbasis mobile. Penelitian ini berfokus pada desain UI dan UX untuk aplikasi POS berbasis mobile. Analisis kebutuhan awal yang diambil dari Draft Business Requirements Document Perusahaan XYZ menjadi dasar dalam pengembangan desain aplikasi ini. Dari hasil pengujian didapat nilai keberhasilan pengujian sebesar 100%.
Kata kunci: User Interface, User Experience, Aplikasi Mobile, DPK

Diterbitkan

2024-12-09