Usulan Perbaikan Pelayanan Perbaikan Pompa Sentrifugal Menggunakan Metode 5why Di PT X

Penulis

  • Jafits Nakata Yodia Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

quality control, repair services, 5why, pengendalian kualitas, pelayanan perbaikan

Abstrak

PT X is a company operating in the field of manufacturing and services, primarily
specializing in repairing objects and manufacturing components for rotating
machinery such as gas and steam turbines, turbo compressors, centrifugal pumps,and other rotating equipment. PT X has provided numerous services, and to maintain customer satisfaction, it needs to receive raw materials from suppliers orcomponents from vendors within the agreed-upon production schedule. One of therecurring issues at PT X is the insufficient availability of pump repair components, which disrupts the production process. Therefore, an analysis of the root causesof this problem is necessary. One of the methods used for this purpose is the 5WHY method. The advantage of this method is its ability to identify the root cause ofthe issue being faced.The proposed solution after employing the 5WHY method is to resolve the problem by using a database to facilitate data sorting and classification within the company. This will aid in predicting future component needs and determining the best vendors to establish long-term supplier relationships. Keywords: quality control, repair services, 5why

PT X merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur dan jasayang utamanya memperbaiki benda dan memanufaktur komponen dari benda yang berputar seperti gas & steam turbines, turbo compressor, pompa sentrifugal,dan alat alat berputar lainnya. PT X telah melakukan banyak pelayanan sehingga agar tetap menjaga kepuasan pelanggan PT X harus mendapatkan bahan bakudari pemasok atau komponen dari vendor dalam waktu yang sesuai dengan jadwalproduksi yang telah disepakati. Salah satu permasalahan yang sering terjadi di PTX adalah kurangnya ketersediaan komponen perbaikan pompa yang menyebabkan tergangguny proses produksi. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis penyebabpermasalahan tersebut. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan metode 5WHY. Keunggulan dari metode ini ialah dapat menemukan titik permasalahan dari akar permasalahan yang sedang dihadapi. Usulan yang didapatkan setelah menggunakan metode 5WHY adalah untuk memecahkan masalah adalah menggunakan database untuk mempermudah perusahaan dalam mensortir dan mengklasifikasikan data untuk meramalkan kebutuhan komponendi masa depan dan dapat menentukan vendor terbaik yang akan dijadikan vendorlangganan. Kata kunci: pengendalian kualitas, pelayanan perbaikan, 5why

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-09