Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2022-06-21. Baca versi terbaru.

Ukuran Pemesanan Bahan Baku Menggunakan Economic Order Quantity dan Algoritma Wagner Within Mempertimbangkan Kapasitas Gudang

Penulis

  • Agung Gumelar Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Fifi Herni Mustofa Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Sri Suci Yuniar Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

EOQ, Algoritma Wagner Within, Persediaan, Inventory

Abstrak

ABSTRAK
Boskha merupakan perusahaan UMKM yang bergerak pada bidang konveksi yang memproduksi pakaian. Pada saat ini perusahaan mengalami permasalahan pada persediaan yaitu terjadinya pembelian bahan baku yang tidak optimal dikarenakan penjualan yang berfluktuasi dan pada perusahaan tidak ada perencanaan pemesanan bahan baku yang optimal. Perusahaan melakukan pembelian setiap bulan sekali karena adanya kontrak untuk terus melakukan pembelian meskipun perusahaan mengalami permasalahan pada gudang dengan pembelian bahan baku yang tidak optimal. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan membandingkan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan algoritma Wagner Within. Dari kedua metode tersebut dapat mengetahui jumlah pemesanan bahan baku yang optimal, frekuensi pembelian dalam satu tahun, dan mengetahui total pengeluaran perusahaan tahunan.

ABSTRACT
Boskha is a company UMKM which is engaged in convection that produces clothing. At this time the company is experiencing problems with inventory, namely the purchase of raw materials that is not optimal due to fluctuating sales and at the company there is no optimal planning of ordering raw materials. The company makes purchases once a month because of the contract to continue to make purchases even though the company has problems in the warehouse with the purchase of raw materials that are not optimal. These problems can be solved by comparing the Economic Order Quantity (EOQ) method and the Wagner Within algorithm. From these two methods, it is possible to find out the optimal number of orders for raw materials, the frequency of purchases in one year, and to know the total annual company expenses.

Diterbitkan

2022-06-21

Versi