Evaluasi Sistem Kelistrikan Gedung Bertingkat Perhitungan Kuat Hantar Arus (KHA) dan Drov Voltage di (Pasar Baru Trade Centre Bandung)

Penulis

  • YUKI FEBIANA Institut Teknologi Nasional - Bandung
  • WALUYO Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Daya, Kuat Hantar Arus, Instalasi Listrik, Sistem Kelistrikan, Tegangan Jatuh

Abstrak

ABSTRAK
Evaluasi sistem kelistrikan pada Gedung Bertingkat Pasar Baru Trade Centre Bandung ini merupakan proses untuk mengkaji dan menilai sistem kelistrikan yang telah terpasang pada gedung ini sehingga dapat diketahui sistem kelistrikannya telah sesuai dengan yang dibutuhkan atau belum memenuhi kebutuhan gedung ini. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga keandalan sistem kelistrikan yang tentunya akan berdampak pada pelayanan terhadap konsumen. Daya listrik yang terpasang di Gedung Bertingkat Pasar Baru Trade Centre adalah sebesar 4300 kVA yang disuplai dari PLN dengan daya back-up generator-set sebesar 3000 kVA. Dengan beban total yang terdapat pada gedung ini sebesar 2751,983 kVA, menunjukkan bahwa daya listrik yang disuplai memenuhi kebutuhan daya listrik Gedung Bertingkat Pasar Baru Trade Centre. Sedangkan dari sisi instalasi pengkabelan, seperti misalnya pada pengkabelan beban Pompa Chiller & Pompa Cooling Tower dengan kebutuhan kuat hantar arus sebesar 1592,45 A.

ABSTRACT
Evaluation of the electrical system in the Pasar Baru Trade Center Bandung-Story Building is a process to review and assess the electrical system that has been installed in this building so that it can be seen that the electrical system is in accordance with what is needed or has not met the needs of this building. This is done with the aim of maintaining the reliability of the electrical system which will certainly have an impact on service to consumers. The electric power installed in the Multi-storey Building of Pasar Baru Trade Center is 4300 kVA supplied from PLN with a back-up generator-set power of 3000 kVA. With a total load in this building of 2751,983 kVA, it shows that the electrical power supplied fulfills the electrical power needs of the Pasar Baru Trade Center High-rise Building. Meanwhile, in terms of cabling installations, for example in the load wiring of Chiller Pumps & Cooling Tower Pumps with a strong current carrying requirement of 1592.45 A.

Diterbitkan

2023-02-23