Pengaruh Harga dan Risiko terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PLS-SEM pada Kedai Kopi Lokal (Studi Kasus di Kopi Kenangan Bandung)

Penulis

  • MONICA MARIA
  • YOANITA YUNIATI MUKTI
  • GITA PERMATA LIANSARI

Kata Kunci:

Harga, Risiko, Kepuasan Konsumen, PLS-SEM

Abstrak

Kepuasan konsumen perlu diperhatikan oleh kedai kopi karena banyaknya usaha kopi lokal yang bermunculan saat ini. Harga dan risiko menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen karena terdapat penelitian yang menyatakan kepuasan konsumen dipengaruhi oleh faktor tersebut. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga dan risiko terhadap kepuasan konsumen pada Kopi Kenangan di Bandung menggunakan metode PLS-SEM. Data yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan dari kuesioner. Penelitian ini menggunakan 82 responden yang merupakan konsumen Kopi Kenangan Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, risiko tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan harga tidak memiliki pengaruh terhadap risiko. Nilai f2 menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh harga sebesar 0,455 sehingga Kopi Kenangan perlu memperhatikan faktor harga sebagai salah satu upaya peningkatan kepuasan konsumen.

Diterbitkan

2023-02-23