Usulan Pemilihan Pemasok Bahan Baku Kain Oxford Menggunakan Metode Fuzzy Analytic Network Process (FANP) Pada UMKM Rumah Jahit XYZ

Penulis

  • ALFY MOCHAMMAD NOOR Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Bandung
  • HARI ADIANTO Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

ANP, FANP, Fuzzy, SCM, Supplier Selection, Pemilihan Supplier

Abstrak

UMKM Rumah Jahit XYZ is a small and medium-sized enterprise (SME) in the garment industry, specializing in clothing production with a large number of orders. The production process of making a garment involves several common raw materials, namely fabric, thread, and buttons. Fabric is a crucial raw material as it serves as the foundation for creating the customer's ordered clothing. However, UMKM Rumah Jahit XYZ often encounters issues with the raw materials supplied by their suppliers, such as defects in the materials, delays in delivery, and inconsistencies in the materials. These problems have a significant impact on the company, leading to late product completions beyond the due date. These issues arise because UMKM XYZ Rumah Jahit tends to select suppliers based solely on price and quality aspects. To address this problem, the research aims to determine the appropriate supplier using the Fuzzy Analytic Network Process. The study's results suggest that the company should choose ADA Textille as its main supplier. Keywords: ANP; FANP; Fuzzy; SCM; Supplier Selection.

UMKM Rumah Jahit XYZ merupakan usaha mikro kecil dan menengah di bidang
konveksi dengan jumlah pesanan yang besar dan berfokus pada pengerjaan pakaian. Proses produksi dalam membuat suatu pakaian ini memiliki beberapa bahan baku umum yaitu kain, benang, dan kancing. Bahan baku kain merupakan bahan baku yang penting karena menjadi dasar untuk membuat pakaian pesanan konsumen, UMKM Rumah Jahit XYZ kerap kali mendapatkan masalah pada bahan baku yang dikirim oleh supplier seperti kecacatan pada bahan baku, keterlambatan pengiriman bahan baku dan ketidak sesuaian pada bahan baku sehingga memberikan dampak pada perusahaan seperti penyelesaian produk dengan waktu yang terlambat dari due date .Permasalahan ini terjadi karena UMKM Rumah Jahit XYZ memilih supplier hanya dengan melihat dari aspek harga dan kualitas saja. Hal ini dapat menjadi tujuan penelitian ini yaitu menentukan supplier yang tepat menggunakan metode Fuzzy analytic Network Process. Hasil penelitian ini yaitu menyarankan agar pihak perusahaan memilih ADA Textille untuk menjadi supplier utama. Kata kunci: ANP; FANP; Fuzzy; SCM; Pemilihan Supplier

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-09