USULAN PERBAIKAN UNTUK MEMINIMASI DELAY PENGIRIMAN PART-PART KENDARAAN DENGAN METODE LEAN DISTRIBUTION

Penulis

  • Ramadhan Nugraha Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • R. Hari Adianto Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Lean Distribution, BPM, VALSAT, Process Activity Mapping, Prinsip 5W 1H

Abstrak

ABSTRAK
PT Denso Indonesia salah satu perusahaan yang bergerak di industri otomotif yang memproduksi part-part kendaraan berupa AC, Busi, dan Komponen Lainnya. Terdapat permasalahan yaitu delay pengiriman part-part kendaraan pada pendistribusian utamanya sistem distribusi direct. Akibat delay pengiriman ini mutu pelayanan menurun dan terdapat kerugian pada pihak konsumen. Oleh Sebab itu digunakan metode lean distribution agar dapat mengurangi lead time pada alur pendistribusiannya. Untuk upaya perbaikan menggunakan diagram pareto untuk mendapatkan aktivitas yang memiliki persentase yang tinggi untuk dapat dilakukan perbaikan, diagram fishbone untuk mencari sebab akibat permasalahan, dan prinsip 5W+1H untuk memberikan solusi dari permasalahan yang terkait.

ABSTRACT
PT Denso Indonesia is a company engaged in the automotive industry that produces vehicle components in the form of air conditioners, spark plugs, and other components. There is a problem, namely the delay in the delivery of vehicle parts in the main distribution of the direct distribution system. As a result of those delivery delays, the quality of service declined and there were losses on the part of consumers. For improvement efforts, use Pareto Diagrams to get activities that have a high percentage to improve, fishbone diagrams to find the cause.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-03