PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN UP SELLING DAN CROSS SELLING DENGAN METODE PROTOTYPING

Penulis

  • FAJAR DWI HERLIYANTO Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • FADILLAH RAMADHAN Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Rapid Application Development Prototyping, Up Selling, Cross Selling

Abstrak

ABSTRAK
CV Dewangga Sukses Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknik in sipil yang berfokus pada penjualan alat-alat teknik sipil dan pengkalibrasian alat-alat teknik sipil. Kondisi persaingan bisnis sekarang membuat CV Dewangga Sukses perkasa harus memfokuskan pola fikir yang berawal untuk mendapatkan keuntungan menjadi mementingkan kepentingan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Karena kondisi tersebut diputuskan untuk merancang sebuah website dengan menggunakan metode Rapid Application Development dengan membuat aktivitas utama yaitu up selling dan cross seling untuk meningkatkan dan menstabilkan penjualan perusahaan. Kesimpulan dari penelitian merancang website untuk membantu pihak pemasaran dapat memperkenalkan produknya secara luas dan secara online serta untuk membantu proses penyimpanan data pelanggan agar lebih rapih dan akurat, dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan lama serta menstabilkan dan meningkatkan penjualan dengan adanya fitur warning system, cross selling dan up selling.

 

ABSTRACT
CV Dewangga Sukses Perkasa is a company engaged in civil engineering that focuses on sellingcivil engineering tools and calibrating civil engineering tools. The condition of business competition now makes CV Dewangga Sukses Perkasa have to focus on a mindset that starts with making profits to be concerned with the interests of customers and increasing customer satisfaction. Due to these conditions, it was decided to design a website using the Rapid Application Development method by making the main activities, namely up selling and cross selling to increase and stabilize the company's sales. The conclusion of the research is designing a website to help marketers introduce their products widely and online and to help the customer data storage process to be more neat and accurate, to attract new customers and maintain relationships with old customers and to stabilize and increase sales with the warning system feature, cross selling and up selling.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-03