PENINGKATAN KEKERASAN SPROKET REPLIKA DENGAN METODE KARBORISING PADAT MENGGUNAKAN BATANG KARBON BATRAI BEKAS

Authors

  • Febby Guptha Trimurti Yusup Teknik Mesin, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Yusril Irwan Teknik Mesin, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Pack carburizing, Quenching, Sprocket

Abstract

ABSTRAK
Sprocket merupakan komponen sepeda motor untuk mentransmisikan tenaga dan putaran. Umumnya terdapat sepasang sprocket, sprocket depan dan sprocket belakang. Putaran sprocket depan berhubungan dengan gear maka sprocket depan mentransmisikan putaran dan tenaga sprocket belakang berhubungan dengan rantai. Sprocket replika memiliki kadar karbon 0,087% sedangkan sprocket original 0,201% perbedaan kadar karbon mempengaruhi nilai kekerasan, sprocket original 380HV dan sprocket replika 161HV. Pada penilitian sprocket replika. Kemudian dilakukan uji spectrometri, uji Kekerasan Awal, Proses Karborising, Quenching dan Uji Kekerasan. yang bertujuan untuk mengetahui komposisi kimia pada sprocket dan nilai kekerasan pada sprocket sehingga sprocket replika mempunyai nilai kekerasan 161HV dan setelah dilakukan proses karborising dengan holding time 5 menit, 30 menit dan 60 menit nilai kekerasan naik 0,08% untuk 5 menit, 0,17% untuk 30 menit dan 0,32% untuk 60 menit. Dari hasil proses karborising menunjukan bahwa nilai kekerasan pada sprocket replika masih di bawah nilai kekerasan sprocket original.

 

ABSTRACT
Sprocket is a motorcycle component to transmit power and rotation. Generally there is a pair of sprockets, front sprocket and rear sprocket. The rotation of the front sprocket is related to the gear then the front sprocket transmits the rotation and the power of the rear sprocket is related to the chain. The replica sprockets have a carbon content of 0.087% while the original sprockets have 0.201% carbon content differences affect the hardness value, the original sprockets are 380HV and the replica sprockets are 161HV. In replica sprocket research. Then the spectrometry test, Initial Hardness test, Carburizing Process, Quenching and Hardness Test were carried out. which aims to determine the chemical composition of the sprocket and the hardness value of the sprocket so that the replica sprocket has a hardness value of 161HV and after the carburizing process with holding times of 5 minutes, 30 minutes and 60 minutes the hardness value increases 0.08% for 5 minutes, 0.17 % for 30 minutes and 0.32% for 60 minutes. From the results of the carburizing process, it shows that the hardness value of the replica sprocket is still below the hardness value of the original sprocket.

Published

2022-06-21 — Updated on 2022-07-06

Versions