Perancangan Chatbot Telegram Untuk Pelayanan Jasa Suatu Perusahaan

Penulis

  • Dewi Rosmala Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • LULU RIFQIA RACHMANIAR Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Customer Service, Telegram, Natural Language Processing, Sistem chatbot

Abstrak

ABSTRAK
Customer service adalah bagian dari suatu organisasi atau perusahaan pada yang memiliki peran sebagai perantara perusahan dan pelanggan yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai produk atau jasa dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam menjalani tugasnya customer service harus melayani pelanggan dengan cepat dan tepat. Hal tersebut dapat diatasi dengan perancangan sistem chatbot pada aplikasi untuk pelayanan jasa suatu perusahaan. Dengan adanya sistem chatbot pelayanan jasa, pelanggan dan customer service dapat berkomunikasi secara virtual. Sistem chatbot dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman Python yang diintegrasikan dengan aplikasi pesan instan Telegram melalui bot resmi yang telah disediakan oleh Telegram yaitu Bot Father.

ABSTRACT
Customer service is part of an organization or company that has a role as an intermediary between companies and customers who are aimed at providing information about products or services and filling customer needs. In carrying out its duties, customer service must serve customers quickly and precisely. It can be overcome by designing a chatbot system in an application for the services of a company. With the service chatbot system, customers and customer service can communicate virtually. The chatbot system is designed using the Python programming language which is integrated with the Telegram instant messaging application through the official bot provided by Telegram, namely Bot Father.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-21 — Diperbaharui pada 2022-07-06

Versi