Usulan Strategi Perusahaan untuk Meningkatkan Penjualan “Air Minum Dalam Kemasan” Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM di PT. Amanah Insanillahia

Authors

  • Fella Saniya Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Abu Bakar Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Sugih Arijanto Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

SWOT, IFE, EFE, IE, QSPM

Abstract

ABSTRAK
PT. Amanah Insanillahia merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang berada di Batusangkar. COVID-19 juga berdampak kepada perusahaan yang mengakibatkan penjualan perusahaan menurun dengan dilihat dari target penjualan perusahaan tidak tercapai dan banyak pesaing lokal yang menggarap usaha yang sama dengan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membuat usulan prioritas strategi perusahaan yang akan dijalankan untuk meningkatkan penjualan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek AMIA pada PT. Amanah Insanillahia dengan menggunakan analisis SWOT untuk merancang alternatif strategi perusahaan dan QSPM digunakan untuk mengevaluasi serta memberikan peringkat terhadap alternatif strategi yang ada. Hasil dari perhitungan matriks IFE yaitu sebesar 1,93 dan matriks EFE sebesar 2,28. Matriks IE diperoleh dari perbandingan matriks IFE dengan EFE yang menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran VII yaitu strategi likuidasi dan divestasi. Hasil dari analisis SWOT diperoleh lima alternatif strategi perusahaan. Tahapan terakhir adalah pengurutan strategi perusahaan dengan cara memberikan peringkat dengan menggunakan metode QSPM. Peringkat pertama yaitu strategi yang memiliki nilai Sum Total Attractive Score tertinggi yaitu 6,97 dengan strategi melakukan promosi untuk memperkenalkan keunggulan produk secara online dengan memanfaatkan sosial media dan market place untuk menjual produk.

ABSTRACT
PT. Amanah Insanillahia is a manufacturing company that produces Bottled Drinking Water (AMDK) located in Batusangkar. COVID-19 also had an impact on the company which resulted in the company's sales declining as seen from the company's sales target not being achieved and many local competitors working on the same business as the company. This research was conducted with the aim of making a priority proposal for the company's strategy to be carried out to increase sales of AMIA branded bottled drinking water (AMDK) at PT. Amanah Insanillahia uses SWOT analysis to design alternative corporate strategies and QSPM is used to evaluate and rank alternative strategies. The result of the calculation of the IFE matrix is 1.93 and the EFE matrix is 2.28. The IE matrix is obtained from the comparison of the IFE matrix with the EFE matrix which shows that the company's position is in quadrant VII, namely the liquidation and divestment strategy. The results of the SWOT analysis obtained five alternative corporate strategies. The last stage is the ordering of the company's strategy by providing a rating using the QSPM method. The first rank is the strategy that has the highest Sum Total Attractive Score of 6.97 with a promotion strategy to introduce product advantages online by utilizing social media and market places to sell products

 

Published

2022-06-21 — Updated on 2022-07-11

Versions