Usulan Perbaikan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan SWOT Analysis dan Metode TOPSIS

Penulis

  • Dhiadilah Ditiandi Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional
  • Sugih Arijanto Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

Pemasaran, SWOT Analysis, OPSIS, Marketing

Abstrak

ABSTRAK

PT Sumber Budimulia Adikarya merupakan perusahaan e-bussiness yang bergerak secara khusus di bidang bisnis. Perusahaan ini memasarkan produk ke banyak konsumen dengan beragam jenis mitra bisnis dan agen melalui sistem multi level marketing. Perusahaan memproduksi teh hitam dengan merk Ou Tea. Produktivitas dan kegiatan penjualan bisnis dan produk mulai menurun dan pasif akibat pembatasan aktivitas ditengah pandemi. Perusahaan ingin mencoba mengubah sistem pemasaran yang lebih efektif agar perusahaan kembali produktif dan pemasukan kembali meningkat. Perlu diadakannya analisis pemasaran, analisis keadaan pemasaran perusahaan saat ini dengan menggunakan SWOT Analysis. SWOT Analysis ini menganalisis kekuatan dan kelemahan digunakan agar perusahaan dapat menemukan peluang yang menarik dan dapat menentukan tindakan pemasaran yang mungkin dilakukan. Pemilihan alternatif dari analisis SWOT yang optimal dapat dilakukan dengan menggunakan metode TOPSIS. Pemilihan alternatif strategi yang terpilih yaitu meningkatkan akses pelayanan melalui daring sehingga dapat dikenal oleh masyarakat Indonesia.
Kata kunci: Pemasaran, SWOT Analysis, TOPSIS.

 

ABSTRACT
PT Sumber Budimulia Adikarya is an e-bussiness company engaged specifically in the field of business. The company markets products to many consumers with diverse types of business partners and agents through a multi-level marketing system. The company produces black tea under the ou tea brand. Productivity and sales activities of businesses and products began todecline and passively due to activity restrictions in the midst of the pandemic. Companies want to try to change the marketing system more effectively so that the company is productive again and revenue increases again. It is necessary to hold a marketing analysis, an analysis of the current state of marketing of the company using SWOT Analysis. SWOT Analysis analyzes the strengths and weaknesses used so that the company can find interesting opportunities and can determine the marketing actions that may be taken. The selection of alternatives to optimal SWOT analysis can be done using the TOPSIS method. The selection of alternative strategies selected is to increase access to services through online so that it can be known by the people of Indonesia.
Kata kunci: Marketing, SWOT Analysis, TOPSIS.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-03