Usulan Perbaikan Kualitas Website X menggunakan Importance Performance Analysis dan Potential Gain in Customer Value

Authors

  • Sarah Nurul Latifa Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Yanti Helianty Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

kualitas website, webqual 4.0 index, importance performance analysis, potential gain in customer value, webqual 4.0

Abstract

ABSTRAK
X merupakan perusahaan ritel khusus produk kecantikan, X menyediakan berbagai macam produk kecantikan dari berbagai merek secara online dan offline . Bisnis online yang dijalankan oleh X adalah memanfaatkan e-commerce dengan menggunakan berbagai media, salah satunya adalah website . Website X dibangun pada tahun 2015 dan mengalami perbaikan pada tahun 2017, hingga tahun 2021 tidak ada perbaikan yang dilakukan terhadap website X. Hal tersebut dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap website X dikarenakan website X tidak berkembang sesuai dengan kondisi terkini. Pada penelitian ini dilakukan usulan perbaikan terhadap website X dengan melakukan evaluasi kualitas website X terlebih dahulu dengan menggunakan Webqual 4.0 Index (WQI). Usulan perbaikan kualitas website X akan ditentukan menggunakan metode Importance Perfomance Analysis (IPA) dan Potential Gain in Customer Satisfaction (PGCV) dengan menggunakan dimensi webqual 4.0. Berdasarkan hasil analisis, perbaikan dilakukan terutama pada tampilan website serta penyampaian dan penyajian informasi yang terdapat dalam website .

 

ABSTRACT
X is a retail company that provides various beauty product from various brands by online and offline. The online business run with utilizing e-commerce from various media, one of them is website. website X was built in 2015 and have been repairs in 2017, until 2021 there is no improvements to it . This can affect consumer loyalty to the website, because it can not develop according to current conditions. In this study, proposed improvement to the website by evaluating the quality of the X website using the Webqual 4.0 Index (WQI). The proposal for impoving the quality of the X website will be determined using methods of Importance Performance Analysis (IPA) and Potential Gain in Customer Value (PGCV) with webqual 4.0 dimension. Based on the analysis, improvements are made mainly to the appearance of the website as well as the delivery and the presentation of the information on the website.

Published

2022-06-21 — Updated on 2022-07-11

Versions