Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Penggunaan Lms E-Learning Itenas Bandung

Penulis

  • Fida Ghaida Wafa Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Sofia Umaroh Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

system quality, system information, service quality, usage intention, SEM

Abstrak

ABSTRAK
Dampak dari pandemi COVID 19 menyebabkan perpindahan kegiatan pembelajaran yang semula luring menjadi daring dimana perkembangan teknologi menjadi wadah yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran dengan menggunakan suatu system yang disebut dengan e-learning. E-learning Itenas merupakan platform untuk mengakses berbagai aktivitas seperti modul perkuliahan, absensi, pengumpulan tugas dan laporan, serta forum interaksi antara mahasiswa dengan dosen. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa aktif pengguna e learning itenas tahun Angkatan 2021/2022 dan didapatkan sekitar 77 responden.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan 4 variabel yakni kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan dan faktor penggunaan dimana kualitas system ternyata berpengaruh positif terhadap penggunaan.


ABSTRACT
The impact of the COVID-19 has caused the movement by learning activities that were originally offline to online where technological developments have become a forum that can be used for learning activities using a system called e-learning. Itenas e learning is a platform to access various activities such as modules access, attendance, collection of assignments and reports, as well as interaction forums between students and lecturers. This study using a quantitative method where the population in this study are active students who use e-learning Itenas for the 2021/2022 class and obtained around 77 respondents. Based on the results, this study using 4 variables namely the system Quality, Information Quality, Service Quality and usefulness turned out to have a positive effect on usage.

Diterbitkan

2023-02-23