Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi BNI Mobile Banking di Perguruan Tinggi XYZ

Penulis

  • Shahnaz Alifia Mohamad Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional
  • Sofia Umaroh Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

Mobile Banking, petunjuk penulisan, template dokumen, TAM

Abstrak

ABSTRAK
Bank Negara Indonesia (BNI) bekerja sama dengan Perguruan tinggi XYZ (Perguruan tinggi XYZ) yang mengharuskan seluruh mahasiswa membuka rekening BNI sebagai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). BNI Mobile Banking adalah sebuah sistem informasi untuk transaksi para nasabah. Oleh karena itu, untuk mengukur penerimaan penggunaan BNI Mobile Banking di Perguruan tinggi XYZ digunakan metode yaitu Technology Acceptance Model (TAM) dan SEM-PLS. Dengan penyebaran kuesioner dalam bentuk 15 pernyataan kepada 84 reponden yang merupakan mahasiswa Perguruan tinggi XYZ. Penelitian ini terdapat 8 hipotesis yang dilakukan pengujian sehingga didapatkan hasil 7 hipotesis yang terbukti diterima secara empiris. Pada penelitian ini didapatkan tiga variabel yang kuat mempengaruhi penerimaan penggunaan BNI Mobile Banking di Perguruan tinggi XYZ adalah Perceived Usefulness, Behaviour Intention dan Actual Use of BNI Mobile Banking dengan rata-rata nilai sebesar 73,5%. Untuk meningkatkan efisiensi transaksi yang memudahkan pengguna dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pengguna yang bertujuan untuk meningkatkan penerimaan serta penggunaan BNI Mobile Banking di Perguruan tinggi XYZ.

 

ABSTRACT
Bank Negara Indonesia (BNI) is working with the perguruan tinggi XYZ (Perguruan tinggi XYZ) which requires all students to open a BNI account as a Student Identity Card (KTM). BNI Mobile Banking is an information system for customer transactions. Therefore, to measure the acceptance of the use of BNI Mobile Banking at Perguruan tinggi XYZ, the methods used are the Technology Acceptance Model (TAM) and SEM-PLS. By distributing questionnaires in the form of 15 statements to 84 respondents who were Perguruan tinggi XYZ students. In this study, there were 8 hypotheses that were tested so that the results of 7 hypotheses were proven to be accepted empirically. In this study, three variables were found that strongly influenced acceptance of using BNI Mobile Banking at Perguruan tinggi XYZ, namely Perceived Usefulness, Behavior Intention and Actual Use of BNI Mobile Banking with an average value of 73.5%. To increase transaction efficiency which makes it easier for users to meet various kinds of user needs with the aim of increasing the acceptance and use of BNI Mobile Banking at Perguruan tinggi XYZ.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-09